Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemanfaatan Energi Panas Bumi Belum Maksimal

Mantan Menteri Lingkungan Hidup Sonny Keraf mengatakan, pemerintah seharusnya mengembangkan energi panas bumi untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di tanah air. "Tidak ada alasan apapun bagi pemerintah untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Persoalannya kita tidak kembangkan sumber energi alternatif yang tersedia, seharusnya panas bumi yang dikembangkan," katanya di Jakarta, Kamis (8/3). Hal itu dikatakan Sonny pada peluncuran laporan mengenai fakta PLTN di Fukushima pascatsunami yang melanda Jepang tahun 2011 yang diluncurkan Greenpeace dan terkait rencana pembangunan PLTN di Indonesia.

Sonny mengatakan bahwa setiap teknologi mempunyai risiko tapi PLTN memiliki risiko yang sangat berbahaya seperti yang terjadi di Fukushima Daiichi dan teknologi nuklir berbeda dengan teknologi lainnya. Indonesia dan Jepang punya kesamaan yaitu sama-sama berada di wilayah yang rawan bencana tapi punya banyak perbedaan seperti Jepang merupakan negara yang punya displin tinggi, punya sistem peringatan dini yang handal dan penanganan bencana yang mumpuni.

Jepang yang memiliki kesiap-siagaan sangat baik terhadap bencana alam terutama gempa bumi dan tsunami serta teknologi nuklir yang maju juga masih kesulitan dalam menghadapi dampak dari PLTN Fukushima. "Kita berada di wilayah gempa sehingga besar sekali kemungkinan terkena tsunami dan terkait dengan manajemen penanganan bencana, Jepang sudah sangat terkenal tapi kita untuk penanganan bencana lingkungan saja masih sulit," tambah Sonny. media indonesia.com

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook