Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sepeda Lipat, Tenaga Listrik, Buatan Jerman Volkswagen (VW))

Sepeda Listrik Lipat Unik dari VW


 

DIPREDIKSIKAN dalam 10 tahun mendatang, kota-kota di dunia semakin padat dan konsep mobilitas mikro tanpa polusi mulai melengkapi jenis transportasi yang ada. Indikasi ke arah itu sudah kelihatan dengan diperkenalkannya Toyota Winglet, Honda U3-X dan sebagainya. Produsen Jerman Volkswagen (VW) pun tak mau ketinggalan untuk ambil bagian.

Konsep yang dihadirkan oleh Volkswagen adalah Bik.e, sepeda lipat listrik tanpa kayuh dengan mekanisme cerdas sehingga dapat disimpan dengan mudah ke dalam ruang ban cadangan. Sepeda listrik yang memiliki ukuran roda 20 inci tersebut mampu menjelajah sekitar 20 km.

Sepeda listrik ini memiliki bobot 20 kg, cukup berat untuk ukuran sebuah sepeda, namun cukup ringan sebagi sepeda listrik. Sayangnya, pihak VW belum mau merilis data teknis seperti berapa lama Bik.e melakukan pengisian baterai, meskipun menurut mereka, sepeda ini dapat mengisi baterainya menggunakan jaringan kelistrikan di mobil.

Sepeda ini memiliki kecepatan maksimal 20 km/jam meski laporan dari Beijing menunjukkan bahwa kendaraan ini dapat lebih cepat lagi. Kecepatan maksimal sengaja dipatok hanya 20 km/jam dengan alasan agar Bik.e dapat dikendarai di Jerman tanpa penggunaan helm.


Data yang berhasil didapat menyebutkan juga bahwa Bik.e menggunakan baterai yang tersimpan dalam rangka dan seluruh remnya menggunakan model disc yang dioperasikan lewat kabel, serta sistem pencahayaan model LED yang terintegrasi.

Bagian rangkanya menggunakan bahan aluminium atau magnesium yang dibuat dengan proses injection moulded yang terbagi dalam 3 bagian. Rangka bagian tengahnya merupakan desain jenius yang menawarkan stabilitas lebih baik dibanding sepeda tradisional dengan mekanisme lipat yang unik dan nyaris tak terlihat.

Saat kedua rodanya dilipat, mereka seolah menyatu dan sepeda menjadi berbentuk bundar hingga dapat mudah dimasukkan dalam cerukan tempat ban cadangan. Kepiawaian VW dalam urusan desain sudah terbukti dengan model ikonik Beetle dan Combi. Dan seperti pada Apple iPod, Bik.e bisa menjadi sebuah aksesori pada kendaraan-kendaraan yang memiliki logo VW.

Yang lebih seru, ini bukan hanya sekadar kendaraan konsep yang hadir di pameran kemudian disimpan dalam museum. Pasalnya, menurut laporan yang beredar, Bike.e benar-benar akan diproduksi bahkan sebelum akhir tahun ini.(MI/*)

Sumber : metrotvnews.com

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook