Alpen Steel | Renewable Energy

~ Motor Listrik Hemat Energi=Hemat Biaya, 80 Km Cukup 800 Perak

Sepeda 'Motor' Listrik
80 Km Cukup 800 Perak



 
 

Produsen menyatakan, dengan hitungan biaya listrik sekarang ini maka kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk menempuh jarak 80 Km hanya Rp 800. Sangat murah, bukan? Bandingkan dengan motor 4 tak yang rata-rata menghabiskan dua liter bensin atau sekitar Rp 9.100 untuk jarak tempuh yang sama. Jika selama ini sepeda motor listrik cenderung dengan bentuknya yang kurang trendi dan pedal yang culun maka hal ini tidak berlaku untuk motor listrik keluaran E Moto dan Trekko. Seluruh produk keluaran E Moto tidak ada yang menggunakan pedal. Sedangkan ada beberapa tipe motor Trekko yang menggunakan pedal, tanpa mengurangi bodi yang trendi. Bentuk kedua "motor" ini khas seperti motor-motor matic, dengan bodi yang agak gemuk dan cenderung futuristik. Tak kalah keren dengan Honda Vario, Suzuki Spin atau Yamaha Mio. Karena menggunakan baterai yang dicharge, maka saat dikayuh, fungsi pedal bukan untuk mengisi accu, tetapi lebih kepada alternatif berkendara saja. Jadi tinggal pilih mau di gas atau dikayuh seperti sepeda.

Untuk E Moto ada beberapa tipe yang ditawarkan mulai dari tipe Sonia yang dilepas Rp 4,4 juta sampai yang termahal tipe Spirit dengan harga 4,95 juta. Sedangkan untuk Trekko yang paling murah adalah tipe Spyder dengan harga Rp 3,5 juta dan yang termahal tipe Dynamic Duo dengan harga Rp 5 jutaan. Penjaga stand E Moto menyatakan, karena jarak tempuh dan kecepatannya tak kalah dengan motor yang menggunakan BBM, maka dibutuhkan BPKB dan STNK. E Moto memasang spanduk promosi bahwa untuk mengurus surat-surat ini butuh biaya tambahan sekitar Rp 1,2 juta. Namun harga on the road motor ini plus surat-surat masih lebih murah dari motor matic biasa yang berkisar antara Rp 9 - 12 jutaan.

Sedangkan SPG Trekko menyatakan, dagangannya tidak membutuhkan surat-surat SIM/STNK atau pun BKPB karena kendaraannya tidak bisa dikategorikan sebagai sepeda motor pada lazimnya. Animo masyarakat terhadap motor listrik ini ternyata cukup tinggi. Selama pameran di PRJ, sejak tanggal 14 Juni hingga 9 Juli 2007, pihak E Moto telah menjual sekitar 300 produk. Sedangkan Trekko berhasil melepas 200 unit lebih. (rdf/nrl)

 

Sumber : detik.com


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook