Alpen Steel | Renewable Energy

~ Mobil Hybrid Atau Hibrida Dengan Mesin Bakar Dan Motor Listrik

Mobil Hybrid Sulit Dipasarkan di Luar Jakarta


KOMPAS.COM/BASTIAN
 
Prius terjual 13 unit semuanya di Jakarta

BANDUNG, KOMPAS.com — Mobil hybrid atau hibrida yang merupakan perpaduan mesin bakar dan motor listrik sulit dipasarkan di luar Jakarta. Pengakuan ini terlontar dari perwakilan ATPM Toyota dan Honda yang sudah memasarkannya di Indonesia.

Direktur Honda Bandung Center Iwan Tjandradinata mengungkapkan, Honda Civic Hybrid telah dirilis pada 2006. Namun, hingga saat ini tak satu pun dari mobil itu dimiliki warga Bandung. Harga yang tinggi masih menjadi pertimbangan konsumen.

"Saya lupa harganya tapi jumlahnya kalau tidak salah hanya tiga unit dan semuanya di Jakarta," kenang Iwan, Jumat (4/6/2010). Pembeli bisa saja membawa Honda Civic Hybrid ke Bandung. Namun, suku cadang dan servisnya hanya tersedia di Jakarta.

Manager Marketing Communication  PT Toyota Astra Motor Achmad Rizal mengatakan, Toyota Prius baru terjual 13 unit sejak diluncurkan pada Juli 2009. "Sebenarnya, Prius ditawarkan kepada masyarakat di semua daerah, tapi lagi-lagi warga Jakarta yang beli," sebutnya.

Harga Prius yang Rp 585 juta katanya jauh lebih mahal atau mencapai 1,5 kali lipat dibandingkan kendaraan sejenis. Namun, dari sisi konsumsi bahan bakarnya yang  26-28 km per liter justru lebih hemat dua kali lipat dari mobil bensin sekelas.

Menurut Hendrawan, dosen Program Studi teknik Mesin ITB, minat masyarakat menggunakan mobil lokal, apalagi jika hemat BBM, sebenarnya sangat besar. Akan tetapi, mereka juga memperhitungkan sejumlah faktor, seperti harga, keamanan kendaraan, layanan purnajual, dan jarak bengkel.

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook