Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTN di Jepara Ditolak

Tolak PLTN di Jepara

Rencana Mega Proyek PLTN adalah kesalahan besar. PLTN tidak pernah akan menyelesaikan krisis energi. Malah yang terjadi adalah jebakan penawaran konsumsi energi massal secara berlebihan dalam peradaban hari ini.
PLTN juga tidak pernah akan menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Ini hanyalah mitos yang sedang marak dalam ruang perdagangan karbon global. Bukti nyatanya pertambangan uranium sendiri tidak dapat dilepaskan dari siklus PLTN, yang jelas-jelas berkontribusi menghasilkan polusi dalam emisi GRK. PLTN sangat kecil perannya mengurangi GRK, hanya 0,01 % dari kemampuan sebuah PLTN 4.000 MW yang diidamkan para teknokrat dan pengusaha energi untuk berdiri di Indonesia.

Ada banyak mitos yang sedang dibangun dan disebarkan sebagai pengetahuan menyerang common sens publik. Jangan hanya tinggal diam. Carilah info yang jujur dan terutama berpihak kepada rakyat. Sebab Ilmu Pengetahuan dan teknologi sebagai salah satu wujudnya tidak akan pernah berdiri netral. Sejak dari kemunculannya dalam pikiran, penelitian bahkan sampai pada tujuan untuk digunakan, teknologi tetap didorong oleh latarbelakang kepentingan. Masalahnya, kita tahu hari ini semua kepentingan didunia sudah dideterminasi dalam ekonomi politik yang tak beradab dari buah keniscayaan Neoliberal. Kritik dan Tolak PLTN. Lawan Mega Proyek Neoliberal. Tolak 'Bom Nuklir yang dijinakkan' demi mengembalikan manusia dalam peradaban. Tolak Pembangunan PLTN dimanapun didirikan.
-------------------------------------------------------------------------------
Sejak Juli tahun 2007 kami melanjutkan Gerakan Penolakan PLTN dari tapak yang direncanakan (Desa Balong, Jepara). Sejak beberapa mahasiswa memilih untuk tinggal didesa, live in bersama rakyat di daerah terpencil, untuk melawan konspirasi global perihal 'pencucian teknologi' dari sisa hasil produksi Negara Dunia Pertama ke Negara Dunia Ketiga. Indonesia jadi salah satu targetnya.

Jangan jadikan rakyat di desa Balong(Jepara) ini dibiarkan menentukan nasib negara ini, dimana kalian juga berdiri di atasnya. Jangan biarkan warga desa melawan sendirian.

Ini bukan sekedar persoalan kami orang desa yang tanah hidup beserta semesta sosial-budayanya terancam. Pendirian PLTN juga masalah kalian, masalah kita bersama. Karena kalau sampai PLTN jadi dibangun dan mengakibatkan negara ini terus berhutang (APBN pasti dialokasikan untuk PLTN. Contohnya: ada alokasi APBN Tahun 2007 sebesar 5 M untuk sosialisasi PLTN), masyarakat semakin terpuruk dalam jebakan konsumsi energi, kebijakan menjadi sangat militeristik demi menjaga stabilitas keamanan, bahkan jika terjadi kegagalan dan kecelakaan nuklir yang menghasilkan radiasi membahayakan, dan pasti semuanya terjadi seperti Chernobyl yang informasinya hanya akan ditutup-tutupi demi ilusi ketertiban massal, maka jangan salahkan kami orang desa terpencil yang melawan dan kalah.

Sudah berkali-kali kami bergerak ke jalan sampai menyegel kantor BATAN. Bahkan 30 Kilometer lebih kami berjalan kaki sebanyak lebih dari 5.000 orang, hanya agar perlawanan kami kalian dengar, kalian lihat dengan nurani, dan dengan rendah hati mau memperhatikan jeritan kami. Kami tidak hanya ingin ditonton, kami menolak kita semua dijadikan bidak, kami tidak mau dibohongi sejuta perdebatan teori oleh kecanggihan cerita teknologi dan kemewahan investasi, lalu diam-diam diusir dari tanah kami dengan janji mimpi. Sampai kapanpun kami akan terus menolak pendirian PLTN. Kami akan terus BERTAHAN dan MELAWAN.
Kami tahu masih banyak cara mencukupi energi. Setiap rumah di desa kami juga hanya membutuhkan sedikit energi listrik. Kecuali jika kami dipaksa mengkonsumsi, membeli barang-barang berlebih dan mengubah desa ini menyerupa kota yang penuh industri.

Bergabunglah bersama kami. Menolak dan menemukan alternatif hidup yang lebih baik setiap hari. Caranya tidak perlu kami ajari. Kalian lebih cerdas dan punya akses melampaui orang desa. Percayalah pada kekuatan kalian. Seperti kami mempercayai setiap diri kami dan bersama-sama mengorganisasikan diri. Kami, Persatuan Masyarakat Balong - Penjaga Tanah Leluhur berkoalisi dengan beberapa mahasiswa, melebur menyingkat nama dengan KRATON (Koalisi Rakyat dan Mahasiswa Tolak PLTN). Kami juga berjejaring dengan MANUSIA (Masyarakat Anti Nuklir Indonesia). Kami pun bersahabat dengan AM2PN (Aliansi Masyarakat Madura Pemerhati Nuklir) yang juga menolak pendirian PLTN di Madura.

Sumber

Aliansi Masyrakat Madura.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook