Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Kalbar Didemo

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Kalbar Ditolak

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Kalimantan Barat, Kamis (3/4), berdemonstrasi di gedung DPRD Kalbar. Mereka menolak rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di Kalbar karena berpotensi menimbulkan bencana alam yang justru merugikan masyarakat.

Koordinator aksi Hendrikus Adam mengatakan, krisis energi listrik di Kalbar tidak boleh dijadikan dalih untuk mengembangkan PLTN di Kalbar. Pasalnya, alternatif energi lain yang dimiliki Kalbar seperti tenaga air, angin, dan tenaga surya, hingga kini belum digarap secara optimal.

"Kalbar memang daerah yang cenderung aman atas bencana alam seperti gempa bumi, dan kaya akan sumber daya alam seperti uranium. Namun bencana akibat tenaga listrik seperti Chernobyl di Rusia tahun 1986 dan Three Mile Island di Amerika tahun 1979 seharusnya menjadi pelajaran betapa bahayanya radiasi yang ditimbulkan bagi masyarakat," katanya.

Ketua Komisi A DPRD Kalbar Adrianus Senen dan Sekretaris Komisi A DPRD Kalbar Zainuddin Isman yang menemui pengunjuk rasa menyatakan, PLTN di Kalbar baru sebatas wacana yang dikembangkan Pemerintah Provinsi Kalbar, terkait dengan adanya potensi uranium di Kalbar. "Hingga saat ini belum ada dokumen resmi yang menyatakan adanya rencana mengembangkan PLTN di Kalbar," kata Zainuddin.

WHY

PONTIANAK

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook