Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangunan PLTN Diresahkan Masyarakat

Warga Jepara Curhat PLTN

Masyarakat Balong, Jepara, Jawa Tengah resah. Keresahan mereka terkait adanya wacana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di wilayah mereka.

Sumedia, salah seorang perwakilan Masyarakat Balong mengungkapkan hal tersebut dalam Forum Keprihatinan yang digagas para Akademisi dan Tokoh Masyarakat, di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, Jakarta, Sabtu (23/2).

"Dari awal tidak ada pemberitahuan dari pemerintah daerah, tiba-tiba kami melihat ada alat-alat berat yang katanya untuk membangun PLTN. Kami menyatakan menolak, karena saat ini pembangunan PLTN di Balong belum terlalu dibutuhkan," cerita Sumedi.

Meskipun sekarang di lokasi yang direncanakan akan dibangun PLTN tidak dijumpai lagi alat-alat berat, menurut Sumedi warga sering melihat adanya rapat-rapat yang diadakan di Balong.

"Tapi rapat apa nggak tahu. Makanya kami mohon dukungan semua pihak agar rencana tersebut jangan sampai terlaksana," lanjut dia.Sementara itu, Gus Nung, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) mengatakan di tubuh NU sendiri tidak satu suara. Ada yang pro, ada pula yang kontra terhadap rencana pembangunan PLTN di Jepara.

"Dalam sebuah forum malah yang dinyatakan haram itu adalah pembangunan PLTN di Muria, kenapa yang di Jepara tidak? Kami menyeranng pemerintah, tapi yang marah justru Pak Hasyim Muzadi. Membuat kami bertanya-tanya, ini permainan karambolnya gimana tho? Tapi saya tahu lah kepentingan Pak Hasyim," kata Gus Nung.

Dalam forum keprihatinan ini, terdapat 22 orang yang berdiskusi mengenai rencana pembangunan PLTN di sejumlah daerah. Dua puluh dua orang tersebut terdiri atas akademisi, tokoh masyarakat dan anggota dewan. (ING)-

Sent from Indosat

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook