Alpen Steel | Renewable Energy

~ Turbin Angin Dengan Kombinasi Dua Buah Rotor

Turbin Angin Tipe Baru, Dua Rotor Dalam Satu Tabung

Turbin Angin Tipe Baru, Dua Rotor Dalam Satu Tabung


Eléna Energie, perusahaan Prancis mengembangkan sebuah turbin dengan konsep yang sedikit berbeda dengan turbin angin konvensional saat ini yang hanya memiliki satu buah rotor dengan bilah-bilah sudunya. Elena menggabungkan dua buah rotor dengan sembilan bilah sudu pada masing-masingnya.

Turbin yang didesain jauh lebih kecil. Konsekuensinya untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka dibuat optimasi pada aerodinamikanya. Hasilnya adalah tabung dengan dua buah rotor yang saling berlawanan arah putarnya.

Kombinasi dua buah rotor tersebut bukan tanpa maksud. Dengan menggabungkan dua buah rotor yang berputar berlawanan, angin yang masuk ke dalam tabung melewati rotor pertama akan mengalami stabilisasi sebelum mencapai rotor berikutnya serta mengurangi getaran secara signifikan. Hasilnya adalah unjuk kerja yang lebih baik dan jauh berkurangnya bising seperti yang biasa timbul pada turbin angin konvensional.

Pemakaian tabung sebagai ''wind tunnel'' juga memperbaiki aerodinamika sistem. Prinsip ini mengikuti prinsip mulut pipa De Laval, dimana bagian tengah tabung mengalami penyempitan diameter sehingga udara yang masuk ke dalamnya mengalami percepatan hingga kecepatan supersoniknya.

Tabung tersebut juga tidak hanya aerodinamis di sisi dalamnya. Eléna mendesain tabung tersebut aerodinamis pada bagian luarnya juga. Tujuannya adalah mengoptimalkan aliran dan tekanan angin ketika angin yang berada di dalam tabung bergerak meninggalkannya. Sebagai contoh, angin dengan kecepatan 6 meter per detik bisa dipercepat hingga 15 meter per detik di dalam tabung. Kombinasi bentuk tabung dan dua rotor meningkatkan efisiensi sistem keseluruhan secara signifikan.

Sumber : Planet Hijau

















  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook