Alpen Steel | Renewable Energy

~ Teknologi Biogas Cocok Untuk Industri Kecil

Industri Kecil Butuh Dukungan Teknologi Biogas  
 

Detik.com (Romika Junaidi ) - Industri Kecil dan Menengah (IKM) membutuhkan pemanfaatan aplikasi biogas sebagai sumber energi utama sektor ini. Penerapan biogas bisa menjadi solusi dalam penggunaan energi yang efisien bagi sektor IKM untuk menopang proses produksi.  

“Perlu dukungan dari permerintah untuk merealisasikan hal ini, serta perlu adaptasi teknologi penggunaan serta instalasi yang kompleks,” kata Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Euis Saedah  dalam acara Seminar Series on Green Productivity Theme: Biogas is the best renewal energy alternative for Indonesia? di Jakarta, Senin (21/02/11)

Menurutnya dengan kondisi wilayah Indonesia yang terdiri dari kepulauan, mempersulit transmisi dan  distribusi listrik maupun BBM. Hal ini membuat jangkauan antar pulau menjadi sebuah masalah dalam bidang energi. 

Ditambah lagi interkoneksi jaringan listrik hanya bisa ekonomis untuk pulau-pulau besar dan sejumlah pulau-pulau relatif kecil di dekatnya.

“Untuk itulah gunanya biogas agar menghemat efisiensi daya masyarakat,” tambahnya.

Ia juga mengatakan sejumlah besar pulau harus bisa menghasilkan dan memenuhi kebutuhan bahan bakar dan listriknya sendiri. Biogas adalah solusi yang tepat, efisien, serta ramah lingkungan. 

Hal ini karena banyak propinsi dan pulau tak memiliki cadangan bahan bakar fosil yang memadai sedangkan biomassa tersedia di semua pulau.

“Perlu adanya sosialisai lebih lanjut dalam rangka memasarkan produk biogas yang ramah lingkungan kepada masyarakat khususnya IKM sehingga tercipta desa
mandiri," tandasnya

Biogas menjadi solusi pengehematan bahan bakar alternatif ramah lingkungan. Ia juga menambahkan isu Hemat Energi untuk IKM menjadi titik sentral pemenuhan melalui Biogas menjadi penting dan tak terbantahkan. 

”Pengembangan Biogas belum diarahkan kepada dukungan terhadap pemenuhan eksistensi dan peningkatan 3,8 juta IKM , Padahal pengembangan Biogas sangat
sesuai dengan karakter IKM yang terpisah-pisah pada skala kecil dan berdiri sendiri,” tuturnya.

Jumlah IKM saat ini lebih dari 3,8 juta unit usaha yang menyerap sekitar 8,75 juta tenaga kerja. Komposisi skala IKM masih 90% adalah industri kecil dan sisanya industri menengah dengan pengelompokan sektor pangan, kimia bahan bangunan, sandang, kerajinan dan logam serta elektronika. 

IKM sub-sektor pangan, kimia bahan bangunan dan logam merupakan kelompok IKM yang pemakaian energi atau BBM dalam kapasitas besar atau lahap energi.

Adapun jenis energi BBM yang banyak digunakan oleh IKM adalah minyak tanah, batu bara, elpiji dan kayu bakar. Langkah substitusi minyak tanah ke gas dan batubara telah dilakukan mulai tahun 2008 dan diikuti penyesuaian teknologi dan investasi. 

Secara khusus, IKM belum mengggunakan biogas untuk produksi, masih dalam penggunaan keperluan rumah tangga.

”Penggunaan biogas oleh IKM lebih mudah diterapkan pada sentra IKM di pedesaan dengan populasi ternak sebagai pasokan bahan baku biogas”, tambahnya.

Di sentra IKM produk sapi dan olahan daging sapi yaitu abon, dendeng dan susu dapat menggunakan biogas hasil olahan kotoran ternak sapi di Bandung dan Boyolali.

Sentra penyulingan minyak atsiri di biasanya di daerah pedesaan dapat menggunakan biogas dari kotoran ternak di sekitar lokasi Garut, Kuningan dan Banyumas.

”Pembangunan unit biogas di sentra IKM dilaksanakan dengan sistem pemanfaatan bersama. Kemudian pemanfataan biogas secara simultan akan menumbuhkan IKM pupuk organik," tegasnya.

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Karawang No 2
Bandung 40272 - Indonesia
 
Phone Line1:
022-7244-888 (08:00-17:00)
 
Fax:
022-723-0812 (24 Jam)
 
Handphone:
0852-111-111-77 (Umum) 
 
SMS:
0852-111-111-77 (24 Jam)
BB: 2a02ac52(24 Jam)
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook