Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sangat sederhana pembangkit listrik tenaga air

  pembangkit listrik tenaga air sederhana

 Sering kita melihat ditelivisi atau membaca surat kabar tentang Krisis Ekonomi Dunia, isu perubahan iklim, sumber energi yang tidak terbarukan, perang yang tak kunjung selesai, bencana alam dimana-mana, demonstrasi yang berujung kematian, pabrik narkoba yang menjamur atau munculnya beberapa orang psikopat.

Mungkin hal tersebut tidak menjadi perhatian serius bagi kita dan hanya sebagai bahan guarauan di kedai-kedai sambil minum kopi. Kita hanya disibukkan dengan turunnya harga jual hasil pertanian atau kelangkaan pupuk bersubsidi. Walaupun harga jual hasil pertanian telah merambat naik namun tidak seimbang dengan biaya produksi yang harus dikeluarkan. Banyak petani yang tidak memupuk tanamannya sebagaimana mestinya karena tidak adanya pupuk dan jika ada-pun harganya 2-3 kali lipat dari harga biasa.

Kebiasaan petani kita yang menggunakan bahan-bahan kimia untuk pertaniannya telah membuat para petani menjadi ketergantungan dengan produk-produk berbahan kimia tersebut. Kita tidak bisa membunuh rumput liar kalau tidak menggunakan peptisida. Tanaman tidak akan tumbuh dengan baik jika tidak dipupuk denganpupuk kimia. sebenarnya tidak dapat disalahkan, kita telah diajarkan dan dimanjakan dengan kemudahan dan hasil yang diperoleh menggunakan bahan-bahan kimia tersebut.

Tapi ketika kita sudah terbisasa, kita tidak dapat menolak harga yang ditawarkan. Mau tidak mau, berapapun harga yang ditawarkan distributor, petani wajib membelinya. Jika tidak, petani berisiko gagal panen atau mendapatkan hasil yang tidak maksimal. Jika dipaksakan, akan menjadi pilihan sulit antara kebutuhan pertanian atau kebutuhan rumah tangga.Kebutuhan rumah tangga adalah mutlak yang akan ditopang oleh hasil
pertanian dan pertanian saat ini akan dijalankan dengan apa ?

Pada akhirnya, kita akan pusing tujuh keliling.
Kadang kita juga berpikir dan berharap pemerintah dapat mengeluarkan kita dari permasaalahan ini. Harga jual hasil pertanian kembali normal dan kebutuhan akan pupuk dapat terpenuhi. Namun perubahan untuk perbaikan tidak terjadi serta merta dan akan membutuhkan waktu.

Sambil menunggu dan menunggu, kenapa tidak kita berupaya memaksimalkan sumber daya alam yang telah ditawarkan Tuhan kepada kita. Yang kita butuhkan hanya proses saja. Proses tersebut ada pada Petugas Penyuluh Pertanian atau para pemuda yang telah menimba ilmu di bangku perkuliahan.

Pernah dengar Negara China telah membangun 2 juta unit Sistim Reaktor Biogas Sederhana dengan bahan baku kotoran sapi atau ayam. Reaktor sederhana ini dapat menghasilkan gas metan yang digunakan untuk memasak. Ampas proses reaksi ini dapat dimamfaatkan menjadi pupuk. Katanya pupuk ampas inilah yang bagus untuk pertanian. Nah, di tempat kita sapi dan ayam kan banyak.

Atau tidak usah jauh-jauh, Sumber Daya Alam Air sangat berlimpah di daerah kita. Mamfaatkan, dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air Mini. Yang ini sudah
banyak lho yang membuat. Seperti di Kampung Lagan Jorong Langgam Nagari Kinali Kecamatan Kinali di bawah ini.

Pembangkit Listrik Tenaga Air Mini ini telah berhasil memberikan penerangan untuk lima
unit rumah dan satu buah Mesjid.

Menurut para ahli Pembangkit Listrik Tenaga Air Mini seperti ini mampu mengurangi biaya produksi hasil pertanian, contohnya pertanian Jagung. Para petani dalam memproses jagung untuk menjadi siap jual melalui beberapa tahapan. Dari penanaman, perawatan, pemanenan. Untuk memisahkan biji jagung dari tongkolnya menggunakan mesin gleser yang dijalankan dengan minyak solar hingga pengeringan menggunakan yang energi matahari yang tergantung kepada cuaca. Kita dapat memamfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Air Mini untuk menghidupkan mesin gleser atau mesin pengering tanpa harus khawatir akan cuaca.

Ada yang mengatakan "Bicara memang mudah ?".

Kenapa kita harus pesimis, tidak salahnya kita mencoba. Kita punya semuanya, Sumber Daya Manusia yang memadai dan Sumber Daya Alam yang melimpah. Yang paling penting adalah kemauan. Dengan adanya kemauan ini kita telah berpartisipasi menjaga lingkungan hidup. Tanah kita tidak lagi tercemar oleh bahan kimia dan kita telah membuat sumber energi yang terbarukan.

Kategori: Tahukah Anda
Diposting oleh memed
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Karawang No 2
Bandung 40272 - Indonesia
 
Phone Line1:
022-7244-888 (08:00-17:00)
 
Fax:
022-723-0812 (24 Jam)
 
Handphone:
0852-111-111-77 (Umum) 
 
SMS:
0852-111-111-77 (24 Jam)
BB: 2a02ac52(24 Jam)
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook