Alpen Steel | Renewable Energy

~ Energi Listrik Dengan Tenaga Surya

Tenaga Listrik Matahari


   
 

Panel Suryasel.jpg 

MELIMPAHNYA energi matahari dinegera kita ini  belum dimanfaat semaksimal oleh bangsa kita. Ketika  kita kekurangan pasokan listrik dalam hal ini PLN, seperti kebakaran jenggot kelabakan cara mengatasinya. Contohnya: banyak sekali daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik.( Indonesia bagian Timur, Kalimantan, papua Nusa tenggara, sulawesi, sumatra dll. Padahal potensi alamnya sangat mendukung. Apalagi dilalui oleh garis khatulistiwa.  

 

Alat ini diciptakan khusus untuk bisa mendapatkan energi berlimpah dari matahari yang gratis dan dari energi matahari itu bisa diproses menjadi energi listrik. Di negara-negara maju sudah berkembang pesat penggunaanya bukan saja untuk perumahan tetapi untuk kebutuhan rumah tangga dan pabrikan. Kini alat ini bisa didapat dan dipergunakan dalam lingkungan kita dengan harga yang sangat terjangkau.

Pada hal jika kita mau berusaha dan mau berkorban sedikit uang maka kurangnya pasokan listrik bisa teratasi. Kita tidak boleh tergantung pada PLN, tapi harus berswadaya memanfaatkan  sumber energi yang ada . Bahkan secara perorangan mungkin masyarakat, pemda-pemda ataupun LSM/perusahaan dll harus berperan aktif.  MAKA INI TUGAS ANDA SETELAH ANDA BACA INFO INI UNTUK MEMBERITAHUKAN KEPADA MEREKA YANG BELUM TAHU !!!

Salah satu yang kami tawarkan yaitu  Pembangkit Listrik Tenaga Matahari (Surya) suatu system energy yang bersih dan menghasilkan listrik dari sinar matahari.  Kita juga ikut mendukung dengan adanya issue  PEMANASAN GLOBAL. Karena energi yang banyak dipakai oleh PLN adalah energi yang tidak bisa diperbaharui (FOSIL) seperti bahan bakarnya minyak tanah, gas, batubara dll. Jika memakai tenaga matahari  gratis  tersedia melimpah.

Pemasangan dan Pengoperasian  yang sangat mudah sekali , bertahan lama serta investasi yang sangat murah menjadi pilihan masyarakat saat ini.   Dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dimanapun terutama di daerah pedesaan ataupun daerah yang tidak (belum) terjangkau oleh jaringan listrik PLN, kurang pasokan listrik terutama penerangan dll.

Berbagai Keuntungan Memakai Pembangkit Listrik Tenaga Matahari :

  • Sumber energy yang tidak pernah habis dan sangat ramah lingkungan,
  • Dapat dipakai mana saja terutama daerah yang belum terjangkau jaringan listrik PLN
  • Tidak perlu membayar biaya PLN
  • Tanpa bahan bakar dan bebas polusi
  • Tidak memerlukan perawatan khusus
  • Bebas dari segala biaya perawatan
  • Dapat digunakan untuk menyalakan berbagai macam alat listrik terutama untuk lampu penerangan, radio,cassete,TV
  • Dapat digunakan untuk lampu emergency ketika aliran listrik PLN, ada pemadaman (listrik mati)
  • Dan sebagainya

 

 

 

 

 

 

 

Pinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Matahari (Surya)

Pada siang hari Panel Surya (Solar Panel/Salar Cell) menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi listrik melalui  proses Photovoltaic.  Listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung disalurkan ke beban ataupun disimpan dalam Electric Box System (EBS), sebelum digunakan ke beban ; lampu,radio,Tv dll.

Pada malam hari, dimana Panel Surya (Solar Panel) tidak menghasilkan listrik. Listrik yang sudah terkumpul(tersimpan) dalam Electric Box System (EBS) akan dapat digunakan. Untuk menyalakan peralatan listrik terutama lampu penerangan,dll.

Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

1.  Panel Surya :

     Berfungsi merubah cahaya matahari menjadi listrik. Bentuk moduler dari panel surya memberikan kemudahan pemenuhan  kebutuhan pemenuhan listrik untuk berbagai skala kebutuhan.

2.   Electric Box System (EBS):

  • Berfungsi mengatur lalu lintas listrik dari Panel Surya ke beban
  • Berfungsi menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh Panel Surya (Solar Panel) sebelum dimanfaatkan untuk menggerakkan beban. Beban dapat berupa lampu penerangan atau peralatak elektronik dan peralatan lainnya yang membutuhkan listrik
  • Sangat flexible dalam penempatan, bisa anda bawa (tenteng) berpindah-pindah tempat

 

Design Pembangkit Listrik Tenaga Matahari  Yang  Praktis dan Flexible

Kami merancang  pembangkit khusus dengan system  yang praktis dan flexible untuk memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam kondisi yang berbeda.

Tersedia  2 (dua) Paket Pembangkit Listrik Tenaga Matahari :

Paket A:

  • Terdiri dari : Electric Box System (EBS) 
  • 200Watt + Panel Surya 10 WP

Paket B :

  • Terdiri dari : Elektric Box System (EBS) 
  • 500Watt + Panel Surya 20 WP
  • Dengan design yang flexible  dapat dimungkinkan untuk menambah kapasitas listrik dengan hanya menambah panel surya ( Maksimal  2 panel Surya) untuk setiap paket.
  • Kami memberikan garansi minimal  pemakaian  1 tahun untuk Electric Box System (EBS) untuk panel surya life time 10 tahun .  (dilular Pecah karena jatuh, sengaja dipecah/dilempari batu,gangguan alam,manusia,binatang,salah pasang dll)

 

 

LAMPU HEMAT ENERGY

Untuk menghemat pemakaian listrik kami menyarankan untuk memakai lampu hemat energy.  Kami juga menyediakan lampu LED generasi terbaru yang memiliki cahaya  yang tinggi, dapat menyebar dan tahan lama.

Perbandingan  lampu TL DC (10 watt) dengan Lampu LED generasi terbaru:

  • Lampu TL DC 10 Watt mengkonsumsi listrik sebanyak 0,6 AH, memiliki kekuatan cahaya 010 (dengan bantuan alat ukur cahaya)
  • ika memakai lampu LED untuk menghasilkann kekuatan cahaya yang sama dengan lampu TL DC 10 W hanya mengkonsumsi listrik sebanyak 0,13 Ah

CARA PEMASANGAN SANGAT MUDAH + GAMPANG

  • Pasang Panel Surya (Gbr.1) di luar rumah (atap, genteng, atau dengan bikin tower sendiri dll) langsung menghadap cahaya matahari sesuaikan dengan keadaan/tempat/situasi aman ditempat anda
  • Tarik kabel (Gbr.2) dari Panel Surya, lalu Colok (masukkan) stekernya ke EBS IN DC (Gbr.3) ( Ada DC IN ada DC OUT) Plus ON-OFF bila anda pakai (jangan lupa Tombol ON-OFF anda perhatikan Jika dipakai ON jika tidak dipakai OFF kan) Untuk kabel bila kurang panjang bisa anda tambahi/sambung sendiri). Atur instalasi kabel & EBS rapi dan aman dari jangkauan anak-anak dll
  • Saat Panel Surya bekerja, pada EBS ada lampu indicator warna merah jika proses pengisian energy dari Panel Surya ke EBS akan penuh lampu indikator merah akan menyala berkedip2, jika sudah penuh akan mati. Lampu Indicator warna hijau menyala menandai adanya arus yg sedang bekerja .
  • Pada EBS (Electric Box System) ada stop kontak Out AC (Gbr. 4) yang berguna untuk menyalakan peralatan elektronik sesuai watt dan energy yang tersimpan. Anda juga bisa membikin colokan kombinasi sendiri untuk diparalel.( Banyak stop kontak yang dijual dipasaran ada yang 2 lubang, 4lubang, enam lubang dll ) cari yang berkwalitas.
  • 5. Siap digunakan untuk menyalakan lampu penerangan, tv, radio dll

 

Mohon diperhatikan: Usahakan jangan dipakai langsung tapi beri jarak waktu 1-2 hari biar baterai terisi penuh bila cuaca cerah (matahari bersinar) 

Perbedaan Pembangkit Listrik Tenaga Matahari dengan Genset :

 

  KETERANGAN P.LISTRIK TENAGA MATAHARI GENSET/GENERATOR
1 Bahan Bakar Tidak perlu Perlu bahan Bakar
2 Polusi Sangat ramah lingkungan Polusi Suara/bising, dan bau asap berakibat ke kesehatan dll
3 Perawatan Tidak perlu perawatan khusus Perlu perawatan  (Spare part, Oli, dll)
4 Kapasitas watt Disesuaikan dengan kebutuhan Bermacam2 ada kapasitas 900w,1300w,2200w dll
5 Investasi Terjangkau Cost dihitung harian tinggi,Harga bahan bakar mahal,penggantian Spare part,Oli, dll
6. Energy Tidak perlu beli telah tersedia oleh alam               -
7 Pemasangan Sangat mudah Menyalakan perlu tenaga

KETERANGAN  HARGA:

No. Descreption Harga  Satuan (Rp)    
  Pembangkit Listrik Tenaga Matahahari :

Sudah termasuk :

-1Unit  Panel Surya + 5 meter kabel + steker

-1Unit  EBS Electric Box System (Inverter, Controler,  Battery) Lampu Led 

-Tinggal pasang dan pakai

 
1  Kapasitas Panel Solar  10WP+ EBS 200W 2.999.000,-
2  Kapasitas Panel Solar  20WP+ EBS 500W 4.499.000,-
3  Kapasitas Panel Solar  50WP+ EBS 500W 8.999.000,-
4.  Kapasitas Panel Solar  100 WP + EBS 1000 W 13.999.000,-
  Note :
  • - Harga Franco Jakarta
  • - Harga belum termasuk ongkos kirim untuk luar Jakarta
  • - Jika anda memelukan Panel Solarnya saja Harga Panel Solar Per 1 WP= Rp.99.000
  • - Barang dikirim setelah uang kami terima penuh

 

 

 

 

 Ditulis oleh Admin

March 2008

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Karawang No 2
Bandung 40272 - Indonesia
 
Phone Line1:
022-7244-888 (08:00-17:00)
 
Fax:
022-723-0812 (24 Jam)
 
Handphone:
0852-111-111-77 (Umum) 
 
SMS:
0852-111-111-77 (24 Jam)
BB: 2a02ac52(24 Jam)
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook