Alpen Steel | Renewable Energy

~ Definisi SDA

Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup

Sumber daya alam adalah sumber daya yang terbentuk melalui kekuatan atau gaya alamiah, misalnya tanah, air dan perairan, biotis, udara dan sinar matahari, mineral, bentangan alam, panas dan gas bumi, angin, pasang atau arus laut. Adapun lingkungan hidup adalah sistim kehidupan dimana terdapat campur tangan manusia dalam mengelola sumber daya alam yang ada di sekitarnya.

 

Pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan di Kota Pariaman selalu mempertimbangkan faktor lingkungan dan faktor sumber daya alam yang ada. Pembangunan di wilayah ini hendaknya selalu didasarkan kepada pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana. Makin banyak suatu daerah mempunyai sumber daya alam dan dimanfaatkannya sumber alam itu secara efisien, maka makin baiklah harapan akan tercapainya keadaan kehidupan dan kesejahteraan rakyat di daerah itu dimasa mendatang.

Potensi sumber daya alam di Kota Pariaman cukup banyak. Kota Pariaman mempunyai daerah perairan laut yang luas. Sumber daya alam laut yang masih sangat besar untuk dikembangkan antara lain aneka jenis ikan, budidaya kerapu, ikan hias, rumput laut, udang, kepiting dan mutiara laut. Aneka biota disamping untuk konsumsi, juga mempunyai potensi sebagai bahan baku industri, terutama industri farmasi. Penelitian di bidang ini perlu dipacu agar biologi sumber daya laut yang ada dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh mitra kerja BAPPEDA Kota Pariaman pada bulan Agustus sampai September 2005 menunjukkan bahwa potensi terumbu karang di lepas pantai Kota Pariaman sudah mulai rusak. Kerusakan itu terjadi di sekitar pulau-pulau kecil yang diakibatkan oleh jangkar kapal yang berlabuh. Potensi kelautan yang belum dimanfaatkan sama sekali adalah energi yang dihasilkan oleh ombak dan gelombang laut yang menghempas ke pantai. Energi kinetik yang dihasilkan oleh ombak dan gelombang laut sebenarnya dapat dikonversi menjadi energi listrik. Disamping itu pengembangan konservasi juga harus sudah dimulai.

Disamping energi yang dihasilkan oleh ombak dan gelombang laut, energi tenaga surya juga sebenarnya dapat dimanfaatkan. Rata-rata penyinaran matahari dalam dalam sehari antara 7 sampai dengan 10 jam. Jika energi ini dapat dikumpulkan dalam sel-sel penyerap panas matahari, maka dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik skala kecil dan menengah.

Daerah dataran rendah di sepanjang pantai yang terletak pada ketinggian antara 2 sampai dengan 35 meter di atas permukaan laut telah dimanfaatkan untuk kawasan pemukiman, sawah, kebun dan perkantoran.

Lebih dari 65 persen dari luas lahan dimanfaatkan untuk areal pertanian dengan hasil utama padi, jagung, kebun kelapa, melinjo, pisang dan tanaman palawija lainnya.

Potensi sumber daya air sejauh ini baru dimanfaatkan untuk irigasi pertanian dan air bersih. Irigasi pertanian telah meliputi area pertanian lebih kurang seluas 2.886 ha. Berikut daftar lokasi irigasi yang ada saat ini:
 

  • Talang Kuning = 758 ha
  • Air Santok = 803 ha
  • Sei Rambai Sintuk = 125 ha
  • Pakasai IV Angkek = 230 ha
  • Tungkal = 136 ha
  • Irigasi Desa (12 DI) = 834 ha

Potensi bahan galian seperti deposit pasir, kerikil dan batu yang diambil dari daerah aliran sungai telah banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan pembangunan. Selain itu di pantai Pasir Sunur di wilayah Kecamatan Pariaman Selatan tersimpan sumber daya alam galian pasir besi. Oleh sebab itu untuk menjamin kelangsungan pembangunan di Kota Pariaman maka perlu dilakukan dengan cermat perencanaan, penggunaan, pengelolaan, dan penyelamatan sumber daya alam. Faktor eksternal, dampak lingkungan dan hubungan-hubungan ekologis harus diperhitungkan.

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Karawang No 2
Bandung 40272 - Indonesia
 
Phone Line1:
022-7244-888 (08:00-17:00)
 
Fax:
022-723-0812 (24 Jam)
 
Handphone:
0852-111-111-77 (Umum) 
 
SMS:
0852-111-111-77 (24 Jam)
BB: 2a02ac52(24 Jam)
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook