Alpen Steel | Renewable Energy

~energi terbarukan

Pengembangan energi terbarukan yang diupayakan World Wildlife Fund (WWF) Indonesia mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Elia Loupatty, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua, di Jayapura, Senin (15/6/2015), mengatakan, selain mendukung upaya WWF Indonesia, pihaknya juga menyarankan agar istilah energi terbarukan dapat diubah menjadi bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh masyarakat Papua.

"Sebagian besar masyarakat di Papua khususnya, dan Indonesia pada umumnya belum mengenal istilah energi terbarukan sebagai sumber energi yang diperoleh ulang seperti sinar matahari dan angin," katanya.

Istilah terbarukan ini harus lebih disederhanakan bahasanya, sehingga ke depan masyarakat terutama yang tinggal di kampung dapat lebih mudah mengerti.

"Dengan lebih mudah dimengerti dan dipahami maksudnya, maka kemudian akan tertarik dan langsung melaksanakannya," tambahnya.

Di kalangan masyarakat di daerah tertentu ada yang masih menggunakan ampas kayu untuk menghasilkan energi sebagai pengganti kompor untuk memasak.

"Ini juga dikategorikan sebagai energi terbarukan, tapi karena istilah itu dikaitkan teknologi canggih sehingga masyarakat tidak tahu termasuk kotoran binatang yang bisa diubah menjadi energi listrik," kata Elia Loupatty.

Sumber energi terbarukan adalah sumber energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global.

"Oleh karena itu ini menjadi alasan utama mengapa energi terbarukan sangat terkait dengan masalah lingkungan dan ekologi di mata banyak orang," ujarnya. (Sumber Antara)

- See more at: http://beritaintrik.com/read/pemprov-papua-dukung-pengembangan-energi-terbarukan.html#sthash.vsouNaep.dpuf

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook