Alpen Steel | Renewable Energy

~Pengembangan Energi Terbarukan oleh Kementerian ESDM

Pengembangan Energi Terbarukan oleh Kementerian ESDM

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah untuk mengembangkan energi baru terbarukan.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konsevasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan energi baru terbarukan melalui lembaga koperasi sehingga dapat menyejahterakan rakyat.

"Mengoptimalkan kegiatan energi baru terbarukan dengan pemberdayaan masyarakat bentuk koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan," kata Rida saat memberikan laporan kerjasama tersebut, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta,  Selasa (17/6/2014).

Rida menambahkan, kerjasama tersebut meliputi kegiatan fisik seperti pembangunan instalasi Energi Baru Terbarukan dan non fisik seperti  perencanaan kegiatan, penyiapan koperasi lebaga pengelola, dan unit usaha produktif

"Tugas kementerian ESDM menyiapkan program, instalasi, perlatan bimbingan teknis pemanfaantaan EBT," ungkap Rida.

Sedangkan tugas Kementerian Koperasi dan Usahan Kecil Menengah adalah melaksanakan gerakan koperasi, dan memfasilitasi pembentukan koperasi melaksanakan pembinaan dalam pengembangan produktifitas, memfasilitasi pendanaan dalam kegiatan koperasi.

Menurutnya, untuk melaksanakan kesepakatan ini, akan dibentuk kelompok kerja. Segala biaya yang timbul dari kesepakatan bersama akan jadi tanggujawab pihak sesuai dengan tugasnya.

"Pelaksana teknis Ditjen EBTKE. Kerjasama ini Akan dilakukan selama tiga tahun. Kami laporkan selain dihadiri pejabat eselon satu juga dihadiri pada stakeholder," pungkas dia. (Pew/Nrm)

Credit: Nurmayanti

Link : http://bisnis.liputan6.com/read/2064380/esdm-pakai-koperasi-untuk-kembangkan-energi-terbarukan

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook