Alpen Steel | Renewable Energy

~Program Listrik Tata Surya di Kutai Timur

Program Listrik Tata Surya di Kutai Timur

Bupati Kutai Timur Isran Noor, menginginkan masyarakat Kutim dapat menikmati fasilitas listrik yang tidak memberatkan masyarakat dalam hal tagihan. Tingginya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang banyak dimanfaatkan  masyarakat, khususnya di pedalaman atau daerah terpencil untuk penerangan dengan menggunakan genzet.

Munurut Isran Noor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim akan mencanakkan program listrik murah untuk masyarakatnya. Salah satu cara yang akan dicanangkan pemkab dalam mengatasi masalah listrik di daerahnya dengan cara memanfaatkan energi tata surya atau tenaga matahari. 

"Di wilayah perkotaan maupun wilayah terpencil di daerah perkotaan maju sudah saatnya semua beralih ke energi surya untuk dapat menghemat biaya listrik. Oleh sebab itu, Kutim yang juga merupakan daerah berkembang sudah saatnya untuk beralih menggunakan energi surya. Hal ini bertujuan ke semua masyarakat Kutim dapat menghemat listrik," ujar Isran Noor. 

Dia Lebih lanjut mengatakan bahwa potensi energi tata surya di Indonesia khususnya di Kutim, sangatlah sempurna. Hal itu karena negeri ini telah terberkahi dengan sinar matahari yang sangat berlimpah setiap harinya. 

"Walaupun begitu, potensi ini masih kurang disadari oleh masyarakat. Karena kurangnya sosialisasi di masyarakat dengan potensi yang sangat luar biasa ini. Untuk itu pemkab kutim akan segera turun ke masyarakat untuk mengsosialisasikannya," kata Bupati yang sudah dua priode menjabat ini. 

"Kini, energi tata surya merupakan pilihan paling tepat untuk menggerakan wilayah-wilayah pelosok yang tak tersentuh oleh jaringan listrik. Tapi, energi surya akan menjadi pilihan utama di masa depan bagi seluruh wilayah khususnya Kutim. Karena energi fosil pada akhirnya akan habis. Inilah alasan utama pasar energi surya semakin tumbuh," tambahnya. 

Isran yakin kalau Kutim siap untuk beralih ke energi surya. "Masyarakat dan perusahaan-perusahaan ogah membayar mahal untuk mendapatkan energi. Oleh karenyanya, mereka mencari alternatif lain dengan menggunakan energi surya," papar Isran Noor. (*)

Link : http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=10&jd=Kutai+Timur+Galakkan+Program+Listrik+Tata+Surya&dn=20131025124415

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook