Alpen Steel | Renewable Energy

~Ban Bekas akan Dijadikan Sumber Energi di Australia

Ban Bekas akan Dijadikan Sumber Energi di Australia

Sebuah proyek di Australia Barat akan mengubah sampah industri dan rumah tangga, seperti ban bekas, menjadi sumber energi. Proyek ini sudah mendapat dukungan pemerintah setempat.

Salah satu yang akan menyediakan sampah untuk diubah menjadi energi adalah kota Port Hedland, yang terletak sekitar 1.600 kilometer ke arah utara kota Perth.

Diharapkan, fasilitas pengubah sampah menjadi energi ini akan bisa menyediakan energi untuk 21.000 rumah tangga di Port Hedland dan kota Karratha.

Jason Pugh adalah general manager New Energy, yang menangani proyek tersebut.

"Proyek ini akan menggunakan sampah rumah tangga, sampah komersil dan sampah industri, dan juga sampah puing dari industri konstruksi," ucapnya, "Yang lebih penting, proyek ini juga bisa menggunakan ban-ban bekas, yang menimbulkan masalah di Pilbara."

Menurut Pugh, ada yang memperkirakan bahwa ada sekitar 360.000 ban bekas yang masuk tempat pembuangan akhir di kawasan Pilbara tiap tahunnya.

Dalam proyek ini, perusahaannya akan memilah-milah sampah. Yang bisa didaur ulang akan dipisahkan, kemudian menjalani proses yang dinamakan 'low temperature gasification.'

"Kami akan memasukkan [sampah itu] ke mesin-mesin gasifikasi kita. Akan kita proses selama 16 hingga 24 jam, dalam keadaan miskin oksigen," ucap Pugh, "Jadi kita mendapatkan tahap sebelum pembakaran seutuhnya, yaitu pada dasarnya karbon monoksida, metana dan hidro-karbon, dalam bentuk gas."

"Gas itu naik di dalam ruang tempat pemrosesan. Kemudian kita nyalakan dengan pembakar gas sintetis, seperti halnya membakar gas alam, kemudian di masukkan ke siklus uap, dan menghasilkan listrik," tambahnya.

Pugh memperkirakan bahwa saat mencapai kapasitas sepenuhnya nanti, pembangkit tersebut akan memproses 130.000 ton sampah tiap tahunnya. Jumlah tersebut sekitar satu per lima jumlah sampah tahunan kawasan itu.

"Ini adalah proyek pertama dengan skala sebesar ini dan jenis macam ini yang menerima persetujuan bidang lingkungan di Australia...Dalam hal skala proyek dan teknologi yang digunakan, ini akan menjadi yang pertama di Australia," kata Pugh.

Dalam sebuah pernyataan resmi, walikota Port Hedland, Kelly Howlett, menjelaskan bahwa pemerintah setempat mulai kesulitan menangani sampah. Maka, butuh teknik manajemen sampah alternatif.

Diperkirakan, pembangkit listrik ini akan mulai memproses sampah di tahun 2017.

(nwk/nwk)

Link : http://news.detik.com/read/2014/09/18/103603/2693779/1513/di-australia-barat-ban-bekas-akan-dijadikan-sumber-energi

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook