Alpen Steel | Renewable Energy

~Pengembangan Energi Terbarukan Dipercepat

Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan  Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI menyelenggarakan Konferensi Energi Baru Terbarukan, 21-23 Agustus 2013 di JCC Senayan, Jakarta.

Energi di Indonesia sudah mengalami masalah cukup serius, karena laju permintaan energi di dalam maupun di luar negeri semakin meningkat, sehingga Indonesia bisa mengalami krisis energi jika tidak bisa menemukan solusi untuk menjaga ketahanan energi nasional.

Konferensi Energi Baru Terbarukan yang diselenggarakan diharapkan bisa menghimpun dukungan dari berbagai pihak yakni pengusaha serta masyarakat untuk berperan aktif dalam pengembangan dan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia.

Dukungan terhadap penanggulangan krisis energi juga dinyatakan Indonesia Energi Monitoring (INDERING) yang disampaikan Direktur Eksekutif Zuli Hendriyanto. “INDERING akan terus mendukung dan mendorong pengembangan energi baru terbarukan (EBT).

Pemerintah harus bisa terus mengelola dan menguasai sedini mungkin pengembangan EBT, Kebijakan Pengembang EBT harus dibuat sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, begitu juga Anggaran Pengembangan EBT juga harus ditambahkan, karena selain kebutuhan energi semakin meningkat, energi seperti Minyak Bumi dan Batubara suatu saat tidak akan bisa mencukupi kebutuhan Rakyat dan kita semua tidak mau Indonesia mengalami krisis energi di masa depan.

Pengembangan EBT itu memang tidak mudah dijalankan, dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, Zuli Hendriyanto menegaskan “Kementerian ESDM, Kementerian BUMN serta Perusahaan Pertamina, PLN, PGN dan pihak terkait lainnya harus menjadi penggerak dan harus lebih Fokus untuk mempercepat pengembangan EBT di seluruh Indonesia.

INDERING juga yakin “Jika Regulasi Kebijakan Energi itu baik, pengelolaan dan pengawasannya juga baik, maka sudah pasti banyak Pihak Pengusaha didalam maupun diluar negeri akan mau investasi dan beperan aktif dalam mendukung gerakan tersebut. EBT yang bisa dikembang anatar lain Energi baru (EB) yakni nuklir, hidrogen, gas metana batubara, batu bara tercairkan dan batu bara tergaskan. Sementara, energi terbarukan (ET) terdiri dari Biofuel, Biomassa, Panas bumi, Energi air, surya, ombak, angin.

Sementara itu Effendi Zulham Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) juga menyampaikan “masalah energi terbarukan sebagai energi alternatif di Indonesia saat ini sedang menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Krisis bahan bakar minyak (BBM) saat ini telah menggugah kesadaran masyarakat bahwa Indonesia tidak boleh bergantung pada sumber energi minyak bumi.

Effendi Zulham yang menempuh Kuliah diluar negeri menambahkan “Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan energi terbarukan, salah satunya yaitu bahan bakar dari tumbuhan atau biofuel. Energi terbarukan biofuel dapat diperbarui dan dapat memperkuat ketersediaan bahan bakar. Selain itu biofuel juga ramah lingkungan sehingga bisa meningkatkan kualitas udara di beberapa kota besar di Indonesia.

Energi biofuel merupakan bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian.

Perhimpunan Pelajar Indonesia juga akan membantu untuk sosialisasi pengembangan energi baru terbarukan, Effendi Zulham menginformasikan “beberapa pengusaha di luar negeri yang mungkin sudah mulai tertarik untuk berinvestasi dan berpartispasi dalam pengembangan EBT, misalnya Negara Australia, Austria, Jerman, Perancis, Amerika Serikat, Selandia Baru, serta Turki, Kanada, Singapura, Jepang dan Korea Selatan, China, Finlandia, Rusia, Denmark.

Krisisis energi Indonesia bisa kapan saja terjadi maka itu dihimbau semua pihak untuk peduli terhadap persoalan energi di Indonesia. Konferensi Energi Baru Terbarukan yang berlangsung diharapkan dapat melahirkan rekomendasi yang kongkret untuk mendorong terwujudnya Ketahanan Energi Nasional sehingga krisis energy itu tidak akan terjadi.

( Zuli Hendriyanto | Direktur Eksekutif )

Link : http://www.deliknews.com/2013/08/23/indering-dorong-percepatan-pengembangan-energi-terbarukan/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook