Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sekjen PBB: Indonesia Salah Satu Negara Yang Berperan Penting dalam Isu Perubahan Iklim

 Sekjen PBB: Indonesia Berperan Penting dalam Isu Perubahan Iklim
 
Jakarta - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ban Ki-moon, menegaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara anggota PBB yang penting, melalui berbagai kontribusi nyata di forum multilateral. 

Contoh kontribusi tersebut adalah peran serta Indonesia dalam penggelaran pasukan pemeliharaan perdamaian dan isu perubahan iklim.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Duta Besar Desra Percaya, seusai menyerahkan surat-surat kepercayaan dari Presiden RI kepada Sekjen PBB, di Markas Besar PBB, New York, Jumat (10/02/2012). 
 
"Sekjen PBB menyampaikan apresiasi atas peran Indonesia dalam misi penggelaran pasukan pemeliharaan perdamaian, dan mengharapkan agar jumlah kontribusi pasukan Indonesia dapat terus ditingkatkan. Indonesia juga sangat dihargai atas peran sentralnya dalam isu perubahan iklim, sebagaimana dibuktikan dengan dihasilkannya Bali Road Map, dan kepemimpinan dalam kerjasama ASEAN," tutur Duta Besar Desra Percaya, dalam surat elektronik yang diterima detikcom, Sabtu (11/2/2012).

Dalam pertemuan bilateral dengan Sekjen PBB, Desra menyampaikan kepada Sekjen PBB bahwa konstitusi Indonesia dan Piagam PBB mengandung semangat dan tujuan yang sama, yakni perdamaian, keadilan sosial, persamaan derajat, dan pembangunan. 

Kesamaan ini menjadi dasar yang kokoh bagi Indonesia dan PBB untuk membangun dan memperkuat kemitraan. 

"Dalam kaitan ini, saya menegaskan kembali dukungan Indonesia terhadap PBB, serta terhadap visi dan rencana kerja Sekjen PBB untuk 5 tahun ke depan, dalam merealisasikan prinsip-prinsip dan tujuan-tujuan PBB secara bersama," terangnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Desra yang didampingi Deputi Wakil Tetap RI pada PBB, Yusra Khan, membicarakan rencana kunjungan Sekjen PBB ke Indonesia dalam rangka memenuhi undangan Presiden RI untuk meninjau Pusat Misi Pemeliharaan dan Perdamaian di Sentul, Bogor, yang diresmikan 19 Desember 2011 lalu. Serta rencana menjadi Special Guest pada Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) tanggal 20-21 Maret 2012. 

"Sekjen PBB menyatakan kesediaannya untuk hadir dan sangat mengharapkan dapat bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” tutur Desra menutup pembicaraan.

Desra Percaya dilantik sebagai Wakil Tetap RI untuk PBB di New York pada tanggal 21 Desember 2011, menggantikan Hasan Kleib yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Multilateral, Kementerian Luar Negeri.

Sebelumnya Desra adalah Deputi Wakil Tetap RI untuk PBB dan Organisasi Lainnya yang berkedudukan di Jenewa. Sejumlah posisi yang pernah ditempati diplomat karir yang memperoleh gelar Doktor dari Durham University, Inggris ini, antara lain sebagai Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata (2007-2009), serta Kepala Biro Administrasi Menteri, sekaligus sebagai Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (2005-2007). 
 
DetikNews

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook