Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemerintah Sosialisaikan Aksi Daerah Untuk Turunkan Gas Rumah Kaca

Daerah Diminta segera Turunkan Gas Rumah Kaca

shutterstock Ilustrasi

 


JAKARTA, KOMPAS.com- Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Dalam Negeri, Rabu (12/1/2012), meluncurkan Pedoman Penyusunan Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD-GRK).

Pedoman Penyusunan RAD-GRK merupakan panduan bagi daerah dalam menyusun rencana aksi dalam upaya mencapai target penurunan emisi GRK nasional. Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada tahun 2020 sebesar 26 persen dengan upaya sendiri jika dibandingkan dengan garis dasar pada kondisi bisnis seperti biasa (business as usual baseline) dan sebesar 41 persen apabila ada dukungan internasional.

Kegiatan inti untuk menurunkan emisi GRK meliputi lima bidang, yaitu: pertanian, kehutanan dan lahan gambut, energi dan transportasi, industri, serta pengelolaan limbah.

Menteri Negara PPN/ Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana dalam siaran persnya menyebutkan, peluncuran dan sosialisasi ini diselenggarakan sebagai implementasi dari Pasal 8 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 61 tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN-GRK), yang menyebutkan bahwa pedoman penyusunan RAD-GRK ditetapkan oleh Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas selambat-lambatnya tiga bulan sejak ditetapkan Perpres.

Sumber : Kompas.com


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook