Alpen Steel | Renewable Energy

~ Greenpeace: Illegal Logging Menurun, Hutan Primer Kian Rusak

Greenpeace: Illegal Logging Turun, tapi Hutan Kian Rusak


Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
JAKARTA - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengungkapkan lebih dari 40 tahun hutan Indonesia tereksploitasi sehingga luasnya berkurang drastis. Dari 130 juta hektare, kini hanya tersisa 80 juta hektare saja atau sekira dua pertiga hutan yang hilang akibat eksploitasi.
 
Menyikapi hal ini Juru Kampanye Hutan LSM Greenpeace Joko Arif mengungkapkan hutan primer alias hutan perawan di Indonesia sejatinya hanya tinggal 43 juta hektare saja. Sementara hutan sekunder seluas 48 hektare dan sisanya sudah rusak. Untuk hutan primer mayoritas berada di Papua.
 
“Itulah total luas hutan yang masih tersisa sekarang,” ungkapnya kepada okezone di Jakarta, Selasa (4/10/2011).
 
Faktor utama deforestasi, menurut dia, bukanlah illegal logging. Melainkan merajalelanya industri pulp dan kertas terutama di Sumatera, kemudian ekspansi industri kelapa sawit, dan tambang batubara.
 
“Kalau menurut angka-angka pemerintah, jumlah illegal logging semakin berkurang, sekarang yang paling besar deforestasi karena konsesi hutan alias penebangan hutan yang katanya legal,” terangnya.
 
Disinggung mengenai program menanam satu miliar pohon setahun yang didengung-dengungkan pemerintah, Joko mengungkapkan tak akan bisa menggantikan hutan yang rusak.
 
“Penanaman itu kalau diarahkan buat pendidikan, buat masyarakat dan anak sekolah, itu benar. Tapi kalau kemudian diarahkan bahwa penanaman ini bisa menggantikan hutan yang hilang, itu namanya kebohongan publik,” kecamnya. “Penanaman itu penting tapi lebih penting lagi selamatkan hutan.”
 
Bila serius, kata dia, pemerintah harus mengurangi pemberian konsesi hutan untuk industri dan semakin menekan angka pembalakan liar. “Terkait moratorium hutan, yang diminta teman-teman NGO’s, pemerintah melakukan review izin-izin konsesi yang sudah dikeluarkan,” urainya.

Okezone.com

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook