Alpen Steel | Renewable Energy

~ Guru Besar Oseanografi ITB: Empat Kecamatan Bakal Tenggelam

4 Kecamatan di Jakut Bakal Tenggelam

Jakarta - Bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Jakarta Utara berhati-hatilah karena ada empat kecamatan di daerah itu yang diprediksi akan tenggelam pada 2050. Keempat kecamatan itu adalah Kecamatan Penjaringan, Pademangan, Tanjung Priok, dan Cilincing.

"Penyebabnya selain karena global warming, juga faktor ekstrim cuaca lainnya," kata Safwan Hadi, Guru Besar Oseanografi Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu (25/9/2010).

Dia mengimbau kepada pemerintah untuk secepatnya mengambil tindakan, agar air laut tidak masuk ke daratan. "Pemerintah sebaiknya segera mengantisipasi pembangunan di Ibukota ini," ujar anggota pengurus Ikatan Sarjana Oseanografi Indonesia (ISOI) dalam diskusi di kantor Kemenko Kesra.

Dia menuturkan setiap tahunnya tanah di DKI Jakarta mengalami penurunan hingga 12 cm, akibat pengambilan air tanah dan beban bangunan. Keempat kecamatan di Jakarta Utara itu, lanjutnya, bisa tenggelam hingga mencapai ketinggian setengah meter.

"Saat ini kondisi tanah di Jakarta memang rendah sekali. Sedikit saja air laut pasang langsung menggenangi daratan," ujar Safwan.


Dia menjelaskan akibat ketidaktegasan pemerintah dalam hal pembatasan pembangunan, dan pengambilan air tanah di beberapa daerah di Ibukota yang dekat dengan laut, kelak akan membuat kota ini tenggelam.

"Keadaan itu diperparah lagi dengan adanya pemanasan global, badai, dan pasang surut air laut," ungkapnya.

Menurut penelitiaan ISOI, katanya, diperoleh sebuah hasil yang menyatakan pada  2100, seluruh wilayah di Jakarta akan terendam air laut, hingga ketinggian sampai 50 cm.

"Untuk mengantisipasinya harus dibuat tanggul atau dam, mencegah air laut masuk, seperti yang ada di Belanda. Indonesia masih perlu belajar dari negara itu," kata peneliti pada Pusat Pengembangan Kawasan Pesisir dan Laut ITB.

 

Sumber: Bisnis.com


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook