Alpen Steel | Renewable Energy

~ Climate Education Belum Diberikan Di Sekolah

Sekolah Belum Siap Berikan Pendidikan tentang Perubahan Iklim!

Banyak sekolah belum siap memberikan pendidikan tentang perubahan iklim (climate education). Pendidkan perubahan iklim masih dianggap beban dan hanya akan menambah beban saja.

“Pendidikan perubahan iklim dianggap sebagai beban, beberapa sekolah merasa bahwa mengajarkan tentang perubahan iklim hanya tambahan pekerjaan,” ujar Konsultan Lingkungan Hidup British Council Mochamad Putrawidjaja di Jakarta, Rabu (12/8).

Menurutnya, kebanyakan sekolah  masih menganggap pendidikan tentang perubahan iklim hanya sebagai beban, karena mereka sendiri sebenarnya masih kurang memahami definisi dari global warming atau pemanasan global dan perubahan iklim.

“Mereka tahu dampak dari pemanasan global, tetapi ihwal penyebabnya kurang begitu mengerti,” tukasnya.

Selain kurang begitu memahami, sekolah juga masih kebingungan antara menghubungkan pemanasan global dengan mata pelajaran yang ada. “Materi pendidikan mengenai global warming saat ini hanya diajarkan pada ekstrakulikuler,” tambahnya.

Melihat kurang siapnya sekolah-sekolah di Indonesia akan perubahan iklim, Mochamad mengungkapkan bahwa strategi insentif dibutuhkan untuk mengatasi persoalan ini. Strategi insentif yang dimaksud seperti misalnya beasiswa untuk subyek pemanasan global, kompetisi karya ilmiah tentang pemanasan global, mengadakan riset tentang perubahan iklim, dan banyak lagi.

Mochamad menambahkan, bahwa sebenarnya pendidikan perubahan iklim tidak harus diajarkan secara to the point. Mengingat sekolah rata-rata belum siap, konsep pendidikan ini bisa juga diajarkan melalui role model yang berusaha mengurangi dampak pemanasan global.

“Anda menggunakan bahan bakar bio etanol yang rendah emisi lalu menunjukkan keunggulannya kepada orang-orang, sebenarnya hal itu sudah merupakan bagian dari pendidikan tentang perubahan iklim untuk mencegah pemanasan global,” tukasnya. (M8-09)


LTF
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook