Alpen Steel | Renewable Energy

~ Efek Pemanasan Global Sudah Terasa

Dampak Pemanasan Global

KONFERENSI PBB tentang Perubahan Iklim/United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) yang diikuti 189 negara di Bali, 3--14 Desember 2007 mengindikasikan bahwa saat ini pemanasan global merupakan isu utama yang terjadi di hampir di seluruh belahan dunia. Hal ini terjadi karena dampak dari pemanasan global sudah mulai dirasakan oleh hampir seluruh penduduk dunia.

Pemanasan global (global warming) berarti meningkatnya suhu pada permukaan bumi yang disebabkan oleh pengaruh alam, antara lain perubahan orbit bumi terhadap matahari, letusan gunung merapi, efek rumah kaca pada atmosfer, tetapi sebagian besar para ahli menyimpulkan bahwa sumbangan terbesar pemanasan global adalah diakibatkan oleh emisi gas buang pada aktivitas kehidupan manusia.

Pemanasan global telah terbukti memiliki dampak yang sangat luas pada kesejahteraan dan kesehatan manusia. Banyak literatur yang menyebutkan pemasanan global turut bertanggung jawab terhadap terjadinya bencana-bencana alam di belahan bumi ini, seperti gelombang panas, badai-badai tropis, banjir besar, ataupun kekeringan berkepanjangan yang melanda beberapa negara beberapa tahun terakhir ini.

Selain itu pemanasan global juga berdampak terhadap kelestarian hewan yaitu dengan semakin meningkatnya suhu bumi yang semakin tinggi sehingga berdampak terhadap perubahan iklim yang kemudian menyebabkan punahnya spesies-spesies hewan dari muka bumi dikarenakan tidak mampu bertahan hidup.

Berdasarkan fenomena-fenomena yang terjadi sebagai akibat dari pemanasan global tersebut, tema polling yang diangkat pada minggu ini adalah dampak pemanasan global terhadap kelangsungan hidup manusia.

Pertanyaan pertama, Apakah Anda mengetahui tentang fenomena pemanasan global? Sebanyak 64% responden menjawab ya, karena informasi-informasi mengenai pemanasan global sangat banyak tersedia di media massa. Selain itu banyak pula badan-badan atau organisasi, aktivis-aktivis lingkungan, bahkan artis-artis ibu kota yang melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan sosialisasi tentang pemanasan global. Sedangkan sebanyak 36% responden menjawab tidak tahu.

Pertanyaan kedua, apakah Anda mengetahui bahwa sekarang sedang terjadi pemanasan global? Sebanyak 75% responden menjawab ya, karena responden merasa telah terjadi peningkatan suhu di lingkungan mereka berada. Pemanasan global juga menyebabkan perubahan cuaca tidak menentu serta menyebabkan pula kedatangan musim yang tidak dapat diduga. Dan mereka juga merasakan bahwa bencana alam semakin banyak terjadi seperti kebakaran hutan, banjir, air laut pasang, dan sebagainya sebagai akibat dari pemanasan global.

Sebanyak 25% responden menjawab tidak tahu, karena sebagian responden berpendapat bahwa mereka kurang mengikuti perkembangan informasi mengenai pemanasan global yang disebabkan oleh rutinitas pekerjaan mereka.

Pertanyaan ketiga, menurut Anda, apa dampak yang paling anda rasakan saat ini sebagai akibat dari pemanasan global? Sebanyak 56% responden menjawab dampak dari pemanasan global yang mereka rasakan adalah peningkatan suhu yang semakin hari semakin panas. Peningkatan suhu diakibatkan oleh perubahan iklim yang tidak menentu sehingga menyebabkan musim kemarau menjadi panjang dan akhirnya cuaca menjadi selalu panas. Hal ini juga berdampak pada hewan-hewan yang tidak dapat bertahan pada suhu yang tinggi, sehingga banyak hewan yang punah di beberapa hutan belahan dunia.

Sebanyak 32,5% responden menjawab dampak dari pemanasan global yang mereka rasakan adalah dengan terjadinya bencana alam yang semakin meningkat akhir-akhir ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya daerah-daerah seperti di Kalimantan dan Sulawesi yang sebelumnya tidak pernah mengalami banjir, kemudian mengalami banjir besar yang sangat merugikan.

Sebanyak 11,5% responden menjawab tidak tahu. Hal ini disebabkan responden kurang memperhatikan informasi-informasi pemanasan global.

Pertanyaan terakhir, menurut Anda, usaha apa yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mengurangi efek dari pemanasan global?

Sebanyak 65,5% responden menjawab bahwa pemerintah harus melakukan gerakan-gerakan peduli lingkungan. Responden berpendapat bahwa pemanasan global dapat dicegah dengan cara penanaman pohon, reboisasasi serta kesadaran masyarakat dalam memelihara kelestarian alam. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Lampung yaitu dengan adanya program penanaman 10 juta pohon beberapa waktu lalu.

Sebanyak 27% responden menjawab bahwa pemerintah perlu melakukan sosialisasi tentang pemanasan global beserta dampak-dampak yang ditimbulkannya.

Responden berpendapat, dengan adanya sosialisasi tentang pemanasan global maka akan berdampak terhadap pengetahuan masyarakat sehingga pada akhirnya masyarakat akan menyadari bahwa pemanasan global sangat berdampak negatif bagi kehidupan manusia. dan pada akhirnya masyarakat akan semakin peduli terhadap lingkungan.

Sebanyak 7,5% menjawab tidak tahu, karena responden beranggapan hal tersebut hanya merupakan tanggung jawab dari pemerintah.

Pemanasan global merupakan fenomena alam yang kini tengah melanda hampir seluruh masyarakat dunia. Pemanasan global terjadi karena dua faktor yaitu alam dan manusia. Sesungguhnya faktor manusialah yang paling berperan dalam proses pemanasan global. Hal ini dapat terlihat dari penggunaan bahan-bahan beremisi karbon yang dilakukan oleh manusia setiap saatnya serta efek rumah kaca terhadap atmosfer bumi.

Hal tersebut merupakan pemicu meningkatnya temperatur global yang kemudian menyebabkan perubahan-perubahan pada iklim dan cuaca seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas kejadian cuaca yang ekstrem, peningkatan suhu udara, terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser dan punahnya berbagai jenis hewan.

Pemanasan global memang telah terjadi, namun lajunya tentu dapat sedikit diperlambat. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menekan laju tersebut, antara lain melakukan gerakan-gerakan peduli lingkungan yaitu penanaman pohon, reboisasasi (penghijauan) karena hal tersebut diyakini dapat membantu mengurangi kadar gas CO2 yang menuju udara. Kemudian hal lain yang dapat dilakukan yaitu pengurangan penggunaan bahan-bahan yang beremisi karbon seperti meminimalisasi penggunaan kendaraan bermotor, penghematan listrik, mendaur ulang sampah anorganik, meminimalisasi penggunaan freon yang terdapat pada AC dan kulkas.

Pemerintah pusat serta pemerintah daerah khususnya Lampung sebaiknya tidak hanya mencanangkan penanaman pohon saja dalam rangka menekan laju pemanasan global, hal lain yang dapat dilakukan yaitu pemberian himbauan atau sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat semakin peduli terhadap alam. Selain itu, pemerintah juga harus tegas dalam menindak pelaku pembalakan liar. Karena hutan yang gundul merupakan salah satu kontribusi utama dalam pemanasan global.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook