Alpen Steel | Renewable Energy

~Pemanasan Global Mengancam 23 Pulau

Awas, 23 Pulau Tenggelam Akibat Pemanasan Global

Pergantian musim yang tak bisa diprediksi kini sedang melanda Indonesia. Fenomena anomali cuaca ini dipicu oleh pemanasan global. Hajabnya, tercatat sudah 23 pulau tenggelam akibat pemanasan global ini.

Pakar Meteorologi Institut Teknologi Bandung (ITB) Armi Susandi mengungkapkan, pemanasan global telah mengakibatkan semakin tidak meratanya pola temperatur dan tekanan udara secara spasial (ruang). Perbedaan temperatur terjadi di daerah subtropis maupun daerah tropis yang mengakibatkan terjadinya pergerakan udara.

Semakin tinggi perbedaan tekanan udara karena perbedaan temperatur, semakin kencang angin yang ditimbulkan dan bisa melahirkan badai pada lintang tertentu. Perbedaan temperatur yang ekstrem dapat memicu munculnya cuaca ekstrem. ''Perhitungan musim tanam dan musim melaut tidak lagi presisi. Bencana pun selalu datang, baik pada musim kemarau maupun musim hujan,'' terangnya.

Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup Suparto Wijoyo menegaskan, fenomena anomali cuaca tersebut dipicu oleh pemanasan global.

Menurut dia, dalam dimensi sejarah peradaban pemanasan global, hal itu dipahami sebagai produk dari revolusi industri. ''Secara faktual, pergeseran musim karena perubahan iklim merupakan realitas yang mesti disikapi,'' tegasnya. Jika problem iklim itu tidak diimbangi kesadaran seluruh penduduk Indonesia, kerugian bisa mencapai triliunan rupiah.

Menurut dia, bila pemanasan global terus tidak terkendali, akibat yang dirasakan Indonesia adalah tenggelamnya empat ribu pulau dalam kurun setahun. Hingga kini ditemukan sudah 23 pulau di tanah air tenggelam. ''Lalu, berapa harga satu pulau itu? Jika satu pulau dihargai satu triliun, bisa dihitung berapa kerugian saat ini,'' ujarnya. (jpnn/maria/sc)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook