Alpen Steel | Renewable Energy

~ Listrik Padam Berlanjut Hingga 2010

Pemadaman Listrik Bergilir hingga 2010
 
Permasalahan terbesar yang dirasakan pelanggan PLN saat ini masih seputar pemdaman listrik bergilir. Di sejumlah daerah pertumbuhan beban dan energi listrik cukup tinggi tetapi tidak diimbangi penambahan pembangkit baru.


"PLN secara bertahap berupaya mengatasi kondisi kurang pasokan tersebut dengan program jangka pendek, menengah, dan panjang," kata Direktur Utama PT PLN Fahmi Mochtar dalam hearing dengan anggota DPD RI di Jakarta, kemarin.

Untuk jangka pendek, PLN mengatasinya dengan penambahan pembangkit, sewa pembangkit, beli energi, dari captive power, relokasi mesin, dan sebagainya. "Daerah krisis karena kurang pasokan tahun 2006 untuk beban di atas atau sama dengan 10  ribu MW sebanyak 25 sistem dan sampai pertengahan Oktober 2008 tinggal 4 sistem yaitu sistem Sampit, sistem Sulawesi Selatan, sistem Kendari, dan sistem Kupang," kata Fahmi.

Untuk jangka menengah, menurut Fahmi, PLN membangun proyek percepatan PLTU batubara 10 ribu MW yang akan mulai beroperasi sebagian di tahun 2009 dan lainnya bisa tuntas sampai tahun 2010. Menurutnya pemadaman listrik sekarang ini bisa diatasi kalau pembangunan proyek tersebut diselesaikan.

"Sambil menunggu selesainya pembangunan proyek pembangkit 10 ribu MW tersebut dan untuk mengurangi pemadaman bergilir maka PLN dan pemerintah melakukan kampanye hemat energi," paparnya. Kampanye hemat energi yang dikemukakan Fahmi diantaranya penggunaan lampu hemat energi.

Pada kesempatan itu, Fahmi juga mengatakan pemerintah sampai saat ini belum menaikkan tariif listrik sehingga tidak ada kenaikan harga listrik berlangganan. "TDL masih sesuai dengan TDL tahun 2003," jelas dia. (persdanetwork/aco)


JAKARTA -
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook