Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pasokan Listrik Untuk Bali Terbatas

Listrik Bali Berstatus Siaga

Sistem kelistrikan di Pulau Dewata mengalami status siaga karena kurangnya cadangan 102 megawatt yang seharusnya memiliki 130 megawatt. Kantor PLN Distribusi Bali memprediksi kondisi siaga akan berlangsung hingga memasuki 2009.

Ini merupakan dampak dari masih tingginya pemakaian listrik oleh pelanggan khususnya kepentingan pemerintahan dan pariwisata, serta belum selesainya beberapa proyek untuk mengurangi ketergantungan dengan sistem dari Jawa.  

"Imbauan agar masyarakat terus berhemat dalam pemakaian listrik pun masih kurang dari target sekitar 10 persen. Kami pun terpaksa memperketat pengajuan pemasangan baru dan menerapkan sistem prioritas," kata General Manager PLN Distribusi Bali Sudirman, di Denpasar, Kamis (6/11).  

Hingga akhir Oktober, lanjut Sudirman, beban puncak mencapai lebih dari 460 megawatt. Padahal, pasokan listrik untuk Bali hanya tersedia 562 megawatt. Sementara daftar tunggu pemasangan baru tercatat sekitar 4.000 calon dan pelanggan tetap hingga sekarang berjumlah 740.000 tagihan.  

Menurut Sudirman, ramainya kedatangan wisatawan baik asing maupun domestik ke Pulau Dewata pun memicu tingginya pemakaian listrik. Kami pun sudah berupaya mengirimkan surat imabuan kepada menejemen hotel dan restoran agar berhemat termasuk mengancam adanya pemadaman jika tidak diindahkan. Tetapi juga sulit diterapkan, lanjutnya.  

Bahkan, ia tidak memungkiri jika kantor-kantor pemerintah di wilayah Bali masih belum menerapkan dan mengganti lampu-lampunya dengan lampu hemat energi. Meski sempat mengimbau melalui Gubernur Bali, ia pesimis karena mendapat alasan belum adanya anggaran dari pemerintah daerah untuk penggantian lampu tersebut.  

Manager Bidang Listrik PLN Distirbusi Bali Hari Suryanto mengatakan pula agar masyarakat waspada hingga awal Januari 2009. Alasannya, bulan-bulan tersebut tengah rawan hujan dan angin. Kemungkinan k ami akan banyak pemadaman ketika musim hujan dan angin mulai datang hingga awal tahun depan, katanya.

.indosat {font: bold italic 12px
Ayu Sulistyowati
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook