Alpen Steel | Renewable Energy

~ Terkena Pemadaman 20.000 Pelanggan di Samarinda

20.000 Pelanggan di Samarinda Terkena Pemadaman

Sekitar 20.000 pelanggan dari 209.000 pelanggan PLN di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, terkena pemadaman listrik hingga 24 jam lebih. Kondisi itu akibat pemeliharaan trafo dan mesin pembangkit serta terbakarnya satu trafo listrik sejak Selasa lalu.

"Saya perkirakan tidak lebih dari 10 persen dari jumlah pelanggan di Samarinda yang terkena pemadaman akibat pemeliharaan dan terbakarnya satu trafo," kata Humas PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kalimantan Timur, Mac Paul Politon saat dihubungi dari Samarinda.

Mac Paul mengatakan, pemeliharaan rutin terhadap mesin-mesin pembangkit dan trafo-trafo harus dilakukan agar alat-alat itu awet. Namun, pemeliharaan berdampak pada turunnya daya yang dihasilkan oleh pembangkit-pembangkit di Samarinda. Pelanggan di sekitar pembangkit dan trafo yang diperbaiki dan terbakar terpaksa menerima pemadaman. "Kami mohon maaf," kata Mac Paul.

Pemadaman listrik terjadi di kawasan sekitar Jalan Basuki Rachmat dan Jalan Agus Salim sejak Selasa siang. Hingga Rabu siang, listrik belum menyala. Kalangan warga Kelurahan Teluk Lerong Ulu juga merasakan pemadaman sejak Selama malam akibat terbakarnya trafo di simpang Jalan Pangeran Antasari dan Jalan Slamet Riyadi. Akibat pemadaman itu, setiap keluarga mengeluarkan biaya rata-rata Rp 25.000 dalam semalam untuk membeli solar atau bensin guna menghidupkan genset.

Mac Paul mengatakan, pemeliharaan dan penanganan trafo yang terbakar memerlukan waktu hingga seminggu. "Kami akan secepatnya menyelesaikan pekerjaan sehingga warga tidak terlalu lama merasakan pemadaman," katanya.

 KOMPAS SAMARINDA

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook