Alpen Steel | Renewable Energy

PLN Terapkan Pemadaman Listrik Bergilir

Menyusul robohnya 11 tower atau menara transmisi yang berfungsi sebagai penyangga kabel Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam-Asam Pelaehari, Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu, PLN wilayah 6 untuk Kalimantan Selatan dan Tengah memberlakukan pemadaman listrik secara bergiliran.

Pemadaman bergiliran ini diperkirakan akan berlangsung selama 15 hari hingga terpasangnya transmisi darurat. Robohnya 3 dari 11 tiang penyangga atau menara transmisi yang dipreteli pencuri ini selain diakibatkan badai angin, juga karena hampir sebagian besar besi penyangganya hilang, sehingga mengakibatkan menara roboh.

Ketiga menara yang roboh itu diantaranya menara 171,172 dan 173 yang berlokasi di Desa Ambungan, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Sedangkan 8 menara lainnya yang besi-besinya sempat dicuri antara lain menara 160,165 dan 175.

Untuk mengatasi kondisi ini, pihak PLN dalam hal ini PLTU Asam-asam terpaksa membangun transmisi darurat yang bertegangan 150 kilowatt. Namun hal ini belum dapat menemuhi kebutuhan daya yang diperlukan PLN untuk menyuplai arus listrik di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tenganh sehingga berdampak pada terjadinya pemadaman listrik secara bergiliran di dua provinsi.

Kondisi ini dipastikan akan berlangsung selama 15 hari, mengingat tingkat kesulitan dalam melakukan pemasangan terhadap menara.

Deputi Manager PLN wilayah VI Kalselteng, Sulistiono mengatakan akibat robohnya ketiga menara tersebut, daya listrik dari Asam-asam sebesar 120 megawalt tidak dapat disalurkan ke pusat beban yang disuplai untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

(Albert Roni/Sup)

indosiar.Kalimantan Selatan

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook