Alpen Steel | Renewable Energy

Pemadaman Listrik Kalsel-Kalteng Ditambah

Pemadaman listrik wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir dipastikana akan berlanjut dan bertambah hingga akhir Februari 2007 dengan prekuensi waktu pemadaman ditingkatkan.

Manajer Pembangkit PLN Wilayah Kalsel-Kalteng, Dwi Priyo Basuki, di Banjarbaru, Sabtu mengatakan bila PLTA Riam Kanan telah kembali normal, maka akan dilanjutkan dengan pemeliharaan di PLTU Asam-Asam hingga akhir Februari.

Pada saat pemeliharaan di PLTU Asam-Asam, terpaksa intentisat pemadaman untuk Kalsel-Kalteng akan bertambah, hampir dua kalilipat dari pemadaman yang telah dilakukan saat ini.

Menurutnya, dalam operasionalnya dalam kondisi normal PLTA menyumbang pembangkit listrik hanya 30 megawatt, karena saat ini air di bendungan Riam Kanan surut terpaksa dilakukan pemadaman bergilir karena persediaan energynya pas-pasan.

Selama musim hujan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir, kapasitas air Riam Kanan baru mencapai 53,4 meter dari yang seharusnya 56 meter, dari kapasitas air yang ada tersebut baru mampu menyumbang energy antara 5-10 megawatt.

Diperkirakan hingga pertengahan Januari, PLTA Riam Kanan akan kembali normal, sehingga perawatan akan dilanjutkan ke PLTU Asam-Asam.

Pada saat perbaikan di Asam-Asam ini, tambahnya, pemadaman lisatrik yang sebelumnya dilakukan tiga hari nyala satu hari padam atau sistem 3:1 menjadi dua hari nyala satu hari padam atau 2:1.

Rata-rata pemadaman dalam setiah harinya akan dilakukan selama empat jam, atau dari pukul 06:00 Wita-10:00 Wita, begitu juga bila terjadi pemadaman siang atau malam.

Meningkatnya intensitas pemadaman pada bulan Februari karena PLU Asam-Asam selama ini menyumbang energy hingga 60 megawatt, berarti bila ada pemeliharaan akan terjadi kekurangan sebanyak itu juga, sehingga perlu diadakan pemadaman bergilir.

"Pemadaman akan selalu disesuaikan dengan kekurangan daya, saat ini kekurangan sebanyak 30 megawatt, demikian juga pada saat PLTU Asam-Asam yang diperbaiki berarti akan kekurangan daya hingga 60 megawatt," katanya.

Pemadaman bergilir yang terjadi sejak musim kemarau tersebut, cukup merugikan para pengusaha dan masyarakat secara umum, karena banyak barang elektronik yang rusak, gara-gara listrik yang terus byar pet. (*/rit)

Kapanlagi.

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook