Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemadaman Listrik Industri Sumut Masih Berlangsung

Pemadaman Listrik Industri Sumut Masih Berlanjut

PT PLN Wilayah Sumatera Utara (Sumut) menyatakan hingga kini pemadaman listrik bagi kalangan industri di daerah itu masih dilakukan karena defisit sebesar 160 Mega Watt (MW) masih berlanjut.

"Akibat defisit yang terjadi peningkatan dan saat ini sudah mencapai 160 MW, maka saat beban puncak listrik untuk dunia industri kita padamkan," kata Humas PLN Willayah Sumut, Raidir Sigalingging, di Medan, Kamis (19/6).

Ia mengatakan, kebijakan pemadaman terhadap kalangan industri telah dilakukan setengah tahun terakhir untuk menghindari pemadaman yang meluas di masyarakat pada waktu beban puncak yakni pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.

Kendati demikian, pemadaman terhadap konsumen masyarakat dan perkantoran tidak dapat dicegah ketika sewaktu-waktu terjadi gangguan pada mesin pembangkit berkapasitas besar yang berada di PLTGU Sicanang, Belawan, Sumut.

"Mesin pembangkit yang kita gunakan rata-rata telah berusia tua. Jadi kalau ada gangguan atau perawatan rutin pada salah satu mesin pembangkit berkapasitas besar di Belawan, maka pemadaman meluas ke masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, dewasa ini kapasitas kemampuan mesin pembangkit terpasang di Sumut sekitar 950 MW dan 75% di antaranya bersumber dari PLTGU Sicanang yang difungsikan untuk melayani masyarakat di Sumut dan NAD dan terintegrasi dalam sistem kelistrikan Sumbagut.

Krisis listrik di Sumut baru bisa diatasi dalam beberapa tahun ke depan atau selesainya sejumlah proyek pembangkit listrik berkapasitas besar seperti dalam waktu dekat ini PLTU Labuhan Angin berkapasitas 2x115 MW yang terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumut.

"Solusi mengatasi krisis listrik di daerah ini adalah dengan membangun pembangkit baru dan direncanakan PLTU Labuhan Angin akan beroperasi akhir tahun ini," jelasnya.

Karena seringnya pemadaman bergilir terjadi di Medan,masyarakat setempat menganggap kebijakan populis PLN itu telah menjadi hal yang biasa.

"Dari dulu PLN selalu berjanji krisis listrik segera teratasi, buktinya hingga kini pemadaman empat jam sehari masih terjadi. Bahkan terkadang seperti minum obat, pemadaman dilakukan tiga kali dalam sehari," kata Ali Rahman salah seorang penduduk Jalan Karya, Gang Wakaf, Medan (*/lin)

Kapanlagi.com
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook