Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sumut Aman Pemadaman Selama Ramadhan

Selama Ramadhan, Sumut Aman Pemadaman

PT PLN Sumatera Utara mengupayakan listrik tidak akan padam selama bulan puasa Ramadhan tahun ini. Perusahaan listrik plat merah itu juga berupaya pemadaman listrik secara bergilir juga tidak akan terjadi pada Idulfitri.
        "Akan kita upayakan pemadaman listrik secara bergilir tidak akan terjadi selama bulan Ramadhan atau perayaan Idulfitri. PLN sendiri saat ini memajukan lebih awal jadwal perbaikan dan pemeliharaan mesin pembangkit pada Juni, Juli dan Agustus dari yang seharusnya pada bulan September dan Oktober," kata General Manager (GM) PT PLN Wilayah Sumut, Manarep Pasaribu dan GM Pembangkit Induk dan Jaringan (Pikitring) SUAR (Sumut, Aceh dan Riau), Indra Pribadi, kepada pers di kantor Gubsu, Kamis (28/8).

        Menurut Manarep, didampingi Kaban Infokom Sumut Eddy Syofian dan Kadis Energi dan Pertambangan Sumut , Washington Tambunan, upaya meniadakan pemadaman bergilir bagi pelanggan di Sumut juga ditempuh melalui Operasi Pemberantasan Pencurian Arus Listrik (Opal). Dari 8.519 pelanggan yang menjadi target Opal yang sudah diperiksa hingga Juni 2008, sebanyak 3.019 pelanggan dengan temuan pelanggaran sebanyak 1.333 pelanggan. Hasil temuan ini mampu menekan kerugian keuangan negara sebesar Rp1,8 miliar.

        "Uang Rp1,8 miliar ini bila dikonversikan ke tenaga listrik mencapai 1,8 juta kWh atau sama dengan 1,8 MW. Daya sebesar ini mampu menghidupkan listrik 2.500 pelanggan berdaya 450 Volt Ampere (Watt) dengan pemakaian rata-rata per bulan sebesar 61 kWh," jelas Manerep.

Ia menilai melalui dua strategi suplai energi di PLN Sumut ini, maka pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri diprediksi akan lancar. Bahkan, pasokan listrik untuk Natal dan Tahun Baru 2009 juga diperkirakan aman.
        PLN juga, kata dia, terus mengimbau seluruh pelanggan untuk melakukan penghematan energi lampu dalam rumah sebesar 50 Watt (satu biji lampu) setiap rumah tangga.

        Bila dikalkulasikan dengan 2,5 juta lebih pelanggan PLN di Sumut, maka penghematan 50 Watt energi listrik di setiap rumah pelanggan mulai pukul 17.00 WIB sampai 23.00 WIB, akan diperoleh angka 150 MW.
"Angka penghematan 150 MW dari energi listrik dari bola lampu 2,5 juta lebih pelanggan ini, sebenarnya sudah bisa mengatasi krisis energi listrik yang mencapai 150 MW sampai 200 MW saat beban puncak. Karenanya, gerakan hemat energi yang dilakukan masyarakat, secara langsung akan meniadakan pemadaman bergilir saat dilakukan pemeliharaan dan perbaikan mesin pembangkit," katanya. ***

Sumber  Kurniawan

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook