Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemadaman Listrik Terjadi Tiga Kota di Riau

Tiga Kota di Riau Alami Pemadaman Listrik

Tiga kota di Riau mengalami padam listrik selama tiga hari mendatang akibat robohnya empat menara PLN. Wilayah itu, meliputi Duri, Dumai dan Bagan Batu, dengan total pemadaman 52 megawatt (Mw).

Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN (Persero), Herman Darnel Ibrahim, mengemukakan hal itu ketika dihubungi Media Indonesia, Jumat (16/2).

Herman mengatakan, akibat kerusakan menara di Riau tersebut, transmisi listrik dari Sumatra Barat ke Riau, khususnya Gardu Induk Garuda Sakti, terganggu. Pemadaman terjadi di seluruh bagian kota Duri sebanyak 20 megawatt, sebagian Dumai dan seluruh kota Bagan Batu, 25 Mw.

Padamnya listrik itu, lanjut Herman, tidak sampai meliputi seluruh bagian kota Dumai karena sebagian listrik masih bisa dipasok melalui generator-generator bertenaga diesel. Pemadaman masih akan berlangsung sampai PLN selesai mendirikan menara-menara darurat.

"Pendirian menara darurat membutuhkan waktu sekitar 3 hari, dengan catatan cuaca cukup cerah. Tetapi, kalau cuaca buruk, bisa memakan waktu lima hari," ujarnya.

Setelah pendirian menara darurat, PLN akan melanjutkan pekerjaan mendirikan menara-menara baru sebagai pengganti menara yang roboh. Pengerjaan menara baru tersebut diperkirakan memakan waktu sekitar satu bulan.

Empat menara PLN diberitakan roboh Kamis (15/2) siang. Akibatnya, pasokan listrik ke sebagian Riau terhenti. Menurut Herman, robohnya keempat menara diduga akibat pencurian komponen dengan cara menggergaji. Empat menara itu meliputi menara nomor 317, 318, 319, 320.

"Memang ada komponen yang hilang. Kelihatan sangat jelas ada bekas gergaji. Kami sudah melaporkannya ke kepolisian dan sedang ditangani," paparnya.

Menyinggung perkiraan kerugian akibat robohnya menara, Herman menyatakan PLN masih melakukan perhitungan. Menurut dia, untuk setiap kilometer jarak menara, biaya pengerjaan sekitar Rp2 miliar. Menara-menara yang roboh masing-masing berjarak 1,5 kilometer.

"Yang kami sayangkan lebih pada kerugian moril karena kami tidak bisa melayani pelanggan," tuturnya.

Dia mengatakan, para petugas PLN yang akan mendirikan menara darurat, mulai dikerahkan Jumat pagi. (Ndy/OL-02).

JAKARTA--MIOL

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook