Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLN Tidak Yakin Mampu Bila Listrik Padam


Sewaktu-waktu Listrik Bisa Padam PLN Tidak Yakin Mampu

PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Sumatera Utara tidak yakin akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan listrik pada saat proses Pilgubsu 2008 berlangsung. Sewaktu-waktu listrik bisa padam di puncak pelaksanaan Pilgubsu.

Hal itu terungkap dalam surat PT. PLN Wilayah Sumut No.170/152/W.SU/2008 kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumut tertanggal 26 Maret 2008, yang berisi tanggapan PLN atas permintaan KPUD agar tidak ada pemadaman listrik di seluruh Wilayah Sumatera Utara pada seminggu puncak pelaksanaan Pilgubsu.

Dalam surat yang ditandatangani General Manager PT. PLN Wilayah Sumut, Manerep Pasaribu itu dikatakan, bahwa pembangkitan PLN Sumbagut (Sumatera bagian Timur) saat ini masih mengalami defisit sekitar 200 MW (mega watt) setiap harinya. Sehingga harus dilakukan pembatasan beban industri tegangan tinggi dan pelepasan penyulang industri 20 KV dan juga penyulang umum.

Karena itu, dalam menanggapi permintaan KPUD Sumut agar tidak terjadi pemadaman listrik mulai dari tiga hari sebelum sampai tiga hari sesudah pemungutan suara 16 April 2008, PT. PLN Wilayah Sumut hanya mengatakan akan berusaha namun sesuai dengan kondisi yang ada.

Sehingga sewaktu-waktu tetap mungkin akan terjadi pemadaman listrik di Sumut dalam masa waktu seminggu Pilgubsu itu, yang dikarenakan gangguan pembangkit, transmisi dan jaringan distribusi listrik.

Namun begitu, PT. PLN Wilayah Sumut berjanji bahwa seluruh pemadaman listrik yang sudah mereka rencanakan sebelumnya akan ditangguhkan pelaksanaannya. Kepada Pembangkit dan Penyalur serta Distribusi juga diminta untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik Sumut. Sehingga pada hari pemungutan suara, pemadaman dapat ditekan sekecil mungkin.

Di samping itu, PT. PLN Wilayah Sumut juga akan melakukan sistem Perpiketan Khusus di masing-masing unit. Serta akan menyiapkan genset untuk cadangan pada lokasi-lokasi yang dianggap penting pada Pilgubsu.

Khawatir
Menanggapi pernyataan PT. PLN Wilayah Sumut itu, Ketua KPUD Sumut, Irham Buana Nasution kepada wartawan di kantornya, Rabu (2/4), mengaku khawatir, karena adanya pemadaman listrik akan menyulitkan mereka dalam melaksanakan pemungutan suara.

Menurut Irham, pemadaman listrik pada hari pemungutan dan penghitungan suara, nantinya
bisa saja akan menimbulkan prasangka dan kecurigaan berbagai pihak dan masyarakat terhadap KPUD Sumut. "Bisa saja akan ada tudingan bahwa terjadi kecurangan pada saat listrik padam itu," kata Irham.

Karena itu, kata Irham, KPUD Sumut meminta komitmen PLN agar sungguh-sungguh untuk mengupayakan tidak ada pemadaman listrik selama seminggu puncak pelaksanaan Pilgubsu. "Pemerintah Daerah, DPRD juga haru ikut memberikan tekanan kepada PLN agar tidak ada pemadaman listrik pada Pilgubsu," katanya. (h11) (ags)

Sumber: Harian Waspada

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook