Alpen Steel | Renewable Energy

~ Masyarakat Mengeluh Listrik Padam

PEMADAMAN LISTRIK DOMINASI KELUHAN KONSUMEN

Pemadaman listrik secara sepihak oleh PT PLN mendominasi keluhan masyarakat akan pelayanan ketenagalistrikan di Provinsi Jawa Timur.

"Dari seluruh pengaduan masyarakat yang kami kategorikan sebanyak delapan kelompok, pemadaman listrik secara sepihak mendominasi keluhan konsumen," kata Direktur Lembaga Perlindungan Konsumen Surabaya Paidi Pawiro Rejo dalam Dialog Publik Membedah Sistem Ketenagalistrikan di Jawa Timur, Rabu.

Menurut dia, pemadaman listrik secara sepihak ini umumnya disebabkan oleh jaringan listrik PLN yang terputus karena faktor alam atau penyebab lain.

"Padahal untuk menghindari pemadaman listrik secara sepihak pihak PLN bisa melakukan upaya antisipasi sebelum hal itu terjadi," ujarnya.

Ia mencontohkan, jika disebabkan oleh faktor alam mereka bisa mengantisipasi dengan menebang pohon di pinggir jalan yang rantingnya mengenai jaringan kabel PLN.

"Khususnya pada musim hujan seperti sekarang seharusnya mereka sudah melakukan hal itu jauh hari," katanya.

Selain itu, kata dia, PLN perlu mengamandemen Undang-undang ketenagalistrikan saat ini agar ke depan lebih mengakomodasi kepentingan masyarakat, kontraktor listrik, dan PLN itu sendiri secara berimbang.

Terkait delapan kelompok keluhan konsumen terhadap PLN, katanya, antara lain mengenai tarif listrik, pasang baru, jaringan terbatas, kehandalan daya agar tidak mudah turun, pemadaman sepihak, pembangunan pembangkit, tagihan listrik, dan baca meter.

Menanggapi hal itu, Manajer Bidang Distribusi PT PLN Distribusi PLN Jatim Suprapto yang mewakili "General Manager" PT PLN Distribusi Jawa Timur Mochamad Sulastyo yang tengah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta sebagai narasumber dialog tersebut, mengakui pemadaman secara sepihak oleh PLN memang sering terjadi.

"Sampai sekarang pemadaman secara sepihak oleh PLN memang sering terjadi. Namun, hal ini di luar rencana kami," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, PLN akan terus memperbaiki kinerja dalam menjaga pasokan tenaga listrik dengan mengurangi angka gangguan yang terjadi dari tahun ke tahun, sehingga ke depan menjadi nol. Pihaknya berharap, upaya ini diikuti oleh konsumen.

"Semisal dengan melaporkan ke PLN terdekat jika ada tanaman yang ranting pohonnya mau menyentuh jaringan kabel listrik dan merelakan untuk dipangkas, melakukan perilaku hemat energi dengan memakai energi listrik secara legal, memanfaatkan listrik seperlunya dan mematikan selebihnya," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, terkait pertumbuhan pelanggan PLN Distribusi Jatim, sampai Maret tahun ini daftar tunggu PLN mencapai 62.757 pelanggan dengan penambahan daya sekitar 1.811 KWh.

Media Antara, Ayu Citra

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook