Alpen Steel | Renewable Energy

~ Tidak Ada Pemadaman Listrik di Sumut Awal 2009

Akhir Desember 2008, Tidak Ada Pemadaman Listrik Di Sumut

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara Ir Manerep Pasaribu menegaskan diperhitungkan pada akhir Desember 2008 atau awal tahun 2009 tidak ada lagi pemadaman listrik di Sumut.

Hal itu ditegaskan Manerep dihadapan Gubsu H Syamsul Arifin, SE, karyawan PLN dan jajaran mitra kerja pada upacara peringatan Hari Listrik Naional (HLN) ke 63 di halaman Kantor PLN Wilayah, Jalan Yos Sudarso Medan Senin [27/10] pagi tadi.

Selama bertahun-tahun, peringatan HLN hanya dihadiri kalangan PLN dan mitra kerja saja. Tapi tahun ini dihadiri Gubsu dan langsung selaku inspektur upacara. Bersama Gubsu hadir antara lain Kepala Bainfokom Sumut Drs H Eddy Sofyan, Kabid Humas Pimpinan Pemprovsu Drs ML Tobing, Kadis Pertambangan dan Energi Sumut Ir Washington Tambunan. Sedangkan Manerep didampingi GM PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumbagut Ir M. Munir dan GM PT PLN Pikitring Sumut, Aceh dan Riau (Suar) Ir Indra Pribadi.

Manerep menyebut janji tidak adanya pemadaman itu karena PLTA Labuhan Angin kapasitas 2×115 MW akan operasi dan diresmikan pada Nopember 2008. “Jadi dengan bertambahnya daya itu maka diharapkan tidak ada lagi defisit pada saat beban puncak,” katanya kepada wartawan, usai acara HLN.

Saat ini, kata Manerep, kapasitas listrik yang masuk sistem 1.200 MW, kebutuhan pada beban puncak mencapai 1.270 MW sehingga defisit rata-rata 70 MW. Dengan masuknya 2×115 MW ke sistem jaringan Sumut maka defisit tidak ada lagi dan pemadaman dapat dihindari. “Misi kami memang bagaimana Sumut jauh dari pemadaman,” tegasnya.

Soal pemadaman ini juga menjadikan momok bagi seluruh karyawan PLN yang kerap dituding negatip kalau listrik selalu padam. Oleh karena itu, ketika Manerep meneriakkan ‘PLN!” dijawab oleh sekira 1.100 pegawai PLN yang hadir pada acara itu, ‘Yes!’. ‘Pemadaman!’ dijawab ‘No!’. Yel-yel itu memang selalu diteriakkan jajaran PLN bila memulai suatu acara.

Manerep mengatakan pihaknya selalu mendukung kinerja Gubsu antara menjaga bagaimana listrik tidak padam. Sebab listrik termasuk unsur penting dalam kehidupan dan pembangunan.”Listrik mampu mendorong pembangunan bangsa dan membawa banyak perubahan dalam kehidupan ini,” katanya.

Dalam sambutannya pada peringatan HLN, Gubsu H Syamsul Arifin, SE tidak banyak berbicara soal listrik, melainkan lebih menekankan bagaimana karyawan supaya dapat menghormati pimpinannya. Sebab seorang karyawan yang baik dapat menghormati pimpinannya. Apalagi pimpinan PLN yang menanggung beban banyak sekali terlebih jika listrik selalu padam.

“Saya tahu PLN banyak dihujat sampai ada rumah di ranting PLN yang dilempari. Banyak orang suka berbicara demokrasi, tapi sebaliknya justru melanggar demokrasi,” kata Gubsu.

Gubsu juga salut ketika ditanya ke GM Pembangkitan soal mesin pembangkit di Belawan yang katanya merupakan mesin puluhan tahun. “Dalam hati saya berucap syukur-syukur pabrik mesinnya tidak tutup karena mesin pembangkitnya masih jalan,” guraunya.

Sebab kalau mesin pembangkit masih jalan sedangkan pabrik pembuat mesinnya sudah tutup maka susah mencari suku cadangnya. Tapi inilah hebatnya Indonesia, mesin tua masih tetap dapat dipertahankan.

Menurut Gubsu, dengan beroperasinya PLTA Labuhan Angin pertengahan Nopember 2008 maka diharapkan listrik tidak akan padam lagi. Namun PLN jangan senang dulu. Sebab nanti kalau listrik mati lagi, pasti PLN dihujat lagi. Sama seperti Gubsu, kalau jalan rusak maka kena hujat.

Ada pepatah mengungkapkan, tambah Gubsu, “Kalau takut sama pipit, alamat kita mati tak makan’. Artinya, kalau selalu memperhatikan hujatan-hujatan, alamat kita tidak bisa maju. Namun jangan berpikir sendiri, bertanya sendiri, bertindak sendiri, menjawab sendiri dan akhirnya salah sendiri. “Saya memang menyampaikan pidato dengan guyonan karena PLN selalu tegang, tegangan rendah dan tegangan tinggi,” katanya. Jadi dengan kondisi PLN yang memiliki mesin tua saat ini, sama seperti lagu “Aku masih bertahan.” (wie)

MEDAN

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook