Alpen Steel | Renewable Energy

~ Di Jayapura, Pemadaman Listrik Berlanjut

PEMADAMAN LISTRIK DI JAYAPURA BERLANJUT

Pe­madaman listrik secara bergilir di Kabupaten dan Kota Jayapura pada pukul 07.00-17.00 WIT dan pukul 17.00-23.00 WIT diperki­rakan akan berlanjut sampai per­tengahan Juni. Krisis listrik di Kabupaten dan Kota Jayapura itu merupakan kelanjutan krisis Lis­trik yang sudah berlangsung sejak tahun 2005.

Manajer Umum PT PLN (Per­sero) Wilayah Papua Fery Krisna menjelaskan, tiga pembangkit Lis­trik tenaga diesel (PLTD) yang ada di Kabupaten dan Kota Ja­yapura saat ini hanya mampu mencukupi sekitar 72 persen dari beban puncak listrik di wilayah tersebut. Saat ini, beban puncak sekitar 33 megawatt (MW), se­mentara kapasitas tiga PLTD ter­sebut hanya 24 MW.

Pemadaman listrik bergilir se­makin Bering terjadi akibat satu mesin pembangkit listrik berkapasitas 6 MW rusak pada 27 April lalu. Mesin itu sempat berfungsi kembali tanggal 1 Mei lalu, tetapi kembali rusak pada 3 Mei 2007.

KOMPAS, JAYAPURA

 

"Kami sudah memanggil pro­dusen pembangkit listrik yang rusak dan saat ini suku cadang sedang dikirimkan. Kemungkin­an besar Juni mendatang pem­bangkit yang rusak bisa berfungsi kembali," kata Fery.

Naikkan status Palu

DPRD Kota Palu dan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sul­teng) mendesak peningkatan sta­tus PLN Palu dari cabang menjadi wilayah. Ini merupakan salah sa­tu cara mengatasi krisis listrik di Palu dan sekitarnya. Demikian pendapat Ketua DPRD Palu Andi Mulhanan Tombolotutu dan Ketua Komisi III DPRD Sulteng Muharam Nurdin.

Mulhanan mengatakan, sela­ma ini status PLN Palu yang berada di bawah PLN Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Go­rontalo mengakibatkan rantai bi­rokrasi terlalu panjang dan ber­belit-belit.

"Setiap ada perbaikan mesin dan pembelian suku cadang, ma­najemen PLN Palu selalu mengatakan minta izin dulu dari wi­layah. Ini kan membutuhkan waktu lama. Padahal, warga Palu sudah gusar dengan pemadaman yang terjadi selama ini," kata Mulhanan.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook