Alpen Steel | Renewable Energy

~ Tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Puasa

Puasa, PLN Jamin tak Ada Pemadaman Listrik

Pasokan listrik jelang bulan puasa dengan kondisi seperti ini relatif baik. Namun ada beberapa daerah kontribusi PLTA sedikit terganggu.

Di Sumatra Barat, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Singkarak debit airnya menurun sehingga kapasitas menurun. "Kita sedang usaha buat hujan buatan, mudah-mudahan dengan ada ini kapasitasnya menjadi lebih baik," kata Fahmi Mochtar Direktur Utama PLN ketika ditemui di Gedung Kementerian Negara BUMN Jakarta, Jumat (24/7).

Sementara di Sumatra Selatan, PLTA Musi dan tes airnya mengalami penurunan juga. Fahmi memberikan solusi strategi pola demand sidenya diatur sehingga tidak mengganggu. Kalau untuk sistem Jawa tidak ada masalah karena tidak tergantung PLTA.

"Sistem-sistem lain yang tidak tergantung PLTA relatif aman dan beberapa pembangkit sudah kita tambah seperti di Kalimantan Timur, Bontang sebentar lagi, Sumatera Utara saya kira," imbuh Fahmi.

Pengaturan pemadam bergilir kemungkinan tidak terjadi. Pasalnya, teknis pembebanan sistem dan konsumen yang perlu ditata. Saat puasa pemakaiannya biasanya berubah jadi subuh dan saat berbuka.

"Kalau saat buka TV-nya dimatikan terdahulu, bayangkan kalau jutaan pelanggan menyalakan TV-nya dan tidak ditonton, itu hal yang baik," ujarnya. [war/cms]

Sumber:Akhirul Anwar

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook