Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kondisi Siaga Untuk Listrik Di Luar Jawa Defisit

LISTRIK DI LUAR JAWA DEFISIT DAN SIAGA

PT Perusahaan Listrik Negara memperkirakan, listrik di sejumlah wilayah di luar Jawa masih dalam kondisi siaga dan defisit saat pelaksanaan pemilu presiden, 8 Juli. Untuk mengantisipasi kekurangan, PLN menyiagakan genset di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah ataupun kantor kepala daerah.

Adapun kondisi kelistrikan di sistem Jawa Bali, menurut Direktur Utama PT PLN Fahmi Mochtar, Senin di Jakarta. masih normal. Bahkan, diperkirakan akan ada cadangan operasi 3.500 megawatt.

”Saat Pemilu, karena hari libur, beban listrik akan turun. Namun, kami akan tetap lihat titik-titik mana yang dibutuhkan antisipasi. Paling penting saat penghitungan suara,” kata Fahmi.

Ada lima sistem yang dalam keadaan siaga, yaitu sistem Sumatera bagian utara, Kendari, Maluku dan Maluku Utara, Kupang, serta Jayapura. Adapun yang dalam kondisi defisit, yaitu Sumatera bagian tengah, Barito, dan Lombok.

Selain menyiagakan mobile genset, PLN mengupayakan agar tidak terjadi pemadaman di wilayah konsumen listrik rumah tangga saat penghitungan suara. Pengurangan daya akan dilakukan di kawasan industri dan bisnis.

Selain kesiapan listrik, PT Pertamina juga memastikan pasokan bahan bakar minyak aman. Dirjen Migas Evita Legowo mengemukakan, stok BBM dan elpiji nasional rata-rata di atas 20 hari. Stok minyak tanah bahkan tersedia 45 hari karena kelebihan produksi kilang Pertamina.

Kredit Muara Tawar

Terkait menambah pasokan daya listrik, PT PLN sedang menunggu persetujuan dari Departemen Keuangan untuk fasilitas kredit ekspor pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Tawar.

Direktur Perencanaan PT PLN Bambang Praptono mengatakan, pihaknya siap menggelar lelang setelah kredit ekspor disetujui.

Proyek PLTGU Muara Tawar add on 1.200 MW diperkirakan menelan dana 1 miliar dollar AS. Proyek itu termasuk dalam proyek kelistrikan yang masuk dalam cetak biru Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kompas, Jakarta

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook