Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemadaman Listrik, Sebuah Contoh Dari Chicago

Energi alternatif adalah suatu yang urgen untuk dibahas.

Salah satu contoh terbaru adalah dengan melirik pengalaman sebuah perusahaan laundry di Chicago. Kota ini terletak di bagian tengah Amerika Serikat, agak ke utara, yang sebenarnya relatif kurang sinar matahari. Indonesia sepanjang tahun disinari matahari.

Ia adalah Tom Benson (61), pengusaha laundry terbesar di dunia. Ia menjadi terkenal dan tentunya kaya raya.
Ia berhasil memotong biaya sebanyak 25 persen dari seluruh pengeluarannya, setelah beralih dari penggunaan bahan bakar minyak untuk memanaskan air ke penggunaan tenaga matahari.
Ia juga dianggap sebagai pionir soal efisiensi, dan lingkungan yang ramah dengan penggunaan tenaga matahari. "Ternyata tenaga matahari juga bisa berguna di iklim Midwest," kata Gubernur Illinois, Pat Quinn, merujuk pada negara bagian itu, yang lebih banyak mengalami musim dingin.

Kurang dari 5 persen dari 40.000 mesin cuci otomatis - dengan menggunakan koin (uang logam) - yang menggunakan tenaga matahari di AS.

Di AS ada 3.000 perusahaan laundry yang menggunakan koin, dengan total bisnis 5 miliar dollar AS per tahun.

Benson beralih ke energi matahari mulai 2001, karena beban energi yang tinggi. "Saya tidak bisa melanjutkan usaha jika saya meneruskan bisnis ini," kata Benson, yang kemudian mencari akal dan kemudian beralih ke tenaga matahari.

Ia bisa menyelamatkan uang 25.000 dollar AS (Rp 240 juta) per tahun, dengan menggunakan sistem solar seharga 150.000 dollar AS. Bank-bank di Chicago pun dengan senang hari memberi dia pinjaman. "Memalukan, tak ada pesaing saya yang tertarik," kata Benson.

Padahal, biaya perawatan sistem solar sangat murah, dibandingkan dengan tenaga pemanas air yang menggunakan bahan bakar minyak.

Mungkin menarik juga bila diaplikasi di Indonesia yang kaya matahari namun sarat dengan pemadaman listrik itu.
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook