Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sumut Terhindar Dari Listrik Padam

SUMUT BEBAS PEMADAMAN LISTRIK

BERITA gembira tersiar di Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara.  Kabar itu sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Direktur Utama PT PLN Fachmi Mochtar ketika bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin di Medan, Kamis (8/1) malam, mengatakan, Sumatera Utara dipastikan tidak lagi mengalami pemadaman listrik, karena tahun 2009 ini sejumlah proyek pembangkit listrik di wilayah ini dijadwalkan selesai dan mulai beroperasi.

Menurut Fahmi Mochtar, beberapa proyek pembangkit listrik, seperti di Labuhan Angin dan Sicanang, yang kapasitasnya mencapai 250 megawatt (MW), selesai tahun ini.  Ia juga mengatakan, beberapa proyek pembangkit listrik di Kabupaten Langkat (Sumut), Nagan Raya (Nanggroe Aceh Darussalam-NAD), Padang (Sumbar), dan  Lampung, tengah dibangun. Kapasitas pembangkit yang dibangun tergolong besar antara 2x100 sampai 2x200 MW.

Pernyataan Dirut PLN di depan Gubernur Sumut itu, sungguh melegakan dan jelas membawa harapan baru bagi masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Sebab, selama bertahun-tahun belakangan kondisi perlistrikan di wilayah Sumatera Utara tidak stabil, yang tentu karena kekurangan pasokan. Sebab itu, pemadaman bergilir pun terus berlangsung dan kondisi demikian  merisaukan serta merugikan rakyat banyak.Untuk menanggulangi kondisi “byar-pet” ini, banyak penduduk yang akhirnya membeli genset sendiri untuk  mengatasi pemadaman listrik.

Terganggunya pasokan listrik selama berathun-tahun itu, tentu jadi masalah utama bagi masyarakat. Penduduk kita, baik di perkotaan maupun pedesaan, sudah amat bergantung pada infrastruktur dasar ini. Banyak aktivitas masyarakat yang terkait dengan aliran listrik, seperti untuk penerangan, barang elektronik, pompa air, dan sangat banyak peralatan rumah tangga, yang tidak akan berfungsi jika listrik tidak ada. Demikian juga pertokoan, dan perkantoran yang amat  bergantung pada listrik.

Karena itu, kita menempatkan pernyataan Dirut PLN mengenai akan bebasnya Sumut dari pemadaman listrik pada 2009 sebagai kejutan. Kita menilai, hal itu tidak hanya sekadar janji, tapi “buah” dari perencanaan matang yang pelaksanaannya  diawasi secara ketat. Dirut PLN  tentu menerima informasi akurat mengenai perkembangan pengerjaan proyek-proyek yang disebutkan di atas, sehingga pasti  rampung tahun ini.

Terkait dengan itu, kita mengharapkan pengerjaan proyek-proyek itu tidak diadang masalah, yang dapat memundurkan jadwal penyelesaiannya. Untuk itu, kita mengharapkan pihak terkait, terutama PT PLN, mengawasinya lebih ketat, sehingga jadwal dapat dipenuhi.

Sudah tentu masyarakat masih menunggu informasi terinci dari PLN mengenai tanggal pasti rampungnya proyek-proyek pembangkit tersebut  serta kondisi pasokan dan cadangan listrik Sumut nantinya. Rincian informasi mengenai pasokan listrik ini diperlukan dalam upaya  mengembangkan aktivitas perekonomian. Dunia usaha tentu mengharapkan daya tersedia jauh lebih banyak dari daya terpasang, supaya mereka dapat mengembangkan usahanya. Pengembangan usaha tentu akan berdampak,   antara lain pada terbukanya lapangan kerja dan meningkatnya daya beli masyarakat.

Pemerintah daerah di Sumatera Utara juga dapat menyosialisasikan perkembangan pembangunan proyek-proyek pembangkit listrik ini, sehingga makin banyak lapisan masyarakat, termasuk di pedesaan, yang mengetahuinya. Dalam hal ini, penting diketahui oleh masyarakat luas bahwa pemerintah tengah menyiapkan jalan keluar terbaik untuk mengatasi gangguan listrik.

Lebih jauh, kita meminta agar bebas pemadaman listrik tidak hanya di Sumut, tapi menyeluruh di Tanah Air. Semua mendambakan agar tidak terjadi lagi pemadaman. Semua menginginkan penerangan listrik nyala terus, tak lagi “byar-pet.”

Tetapi, kita juga mengingatkan agar hemat energi tetap dinomorsatukan. Hemat energi akan membantu PT PLN membangun, merawat, dan mengoperasikan pembangkit-pembangkitnya secara teratur. Hemat energi atau listrik juga berarti menghemat biaya atau rekening yang harus ditanggung konsumen. ***

Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook