Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemadaman Listrik Di Sumatera Bagian Tengah Dan Selatan

Pemadaman Listrik Sebagian Sumatera Pulih Akhir Maret

Pemadaman listrik di Sumatra bagian tengah dan selatan juga akibat kurang­nya pasokan air di Danau Singkarak dan Maninjau. Pemadaman listrik itu tidak hanya dise­babkan pemeliharaan PLTU Tarahan Lam­pung. Defisit listrik di Sumatra bagian tengah (Sumatra Barat, Riau, Jambi, dan Bengkulu) serta Sumatra bagian selatan (Sumatra Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung) men­capai 180 megawatt (Mw).

Rinciannya, defisit listrik di Sumatra bagian tengah (Sumbagteng) mencapai 89 megawatt (Mw) pada saat be­ban puncak dan 59 Mw pada siang hari. Adapun defisit listrik di Sumatra bagian selatan (Sum­bagsel) pada saat beban pun­cak mencapai 90,4 Mw Ban 60,2 Mw pada siang hari. "Tidak beroperasinya PLTU Tarahan menyebabkan paso­kan listrik yang terinterkonek­si di wilayah Sumatra bagian tengah serta wilayah Sumatra bagian selatan terganggu," kata Manajer Operasional PT PLN Sumbar Abdul Haris di Padang, kemarin.

Terganggunya pasokan listrik juga disebabkan kurangnya curah hujan sehingga mengakibatkan penurunan elevasi (ketinggian permu­kaan air) Danau Singkarak dan Danau Maninjau. Penurunan elevasi danau itu menyebabkan operasional PLTA Singkarak (172 Mw) dan PLTA Maninjau (68 Mw) terganggu. Abdul Haris memperki­rakan kondisi kelistrikan di Sumbagteng dan Sumbagsel akan pulih pada akhir Maret ini. Kondisi kelistrikan akan kembali normal pada akhir Maret dengan masuknya PLTU Ombilin unit II ke da­lam sistem interkoneksi Suma­tra bagian tengah dan Sumatra bagian selatan. "Selain itu, PLTU Tarahan yang sebelumnya menjalani pemeliharaan akan kemba­li beroperasi pada Kamis (26/3)," katanya.

Sumber: Media Indonesia 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook