Alpen Steel | Renewable Energy

~ Listrik Padam Berlanjut di Sumbar Dan Riau

Pemadaman Listrik Bergilir di Sumbar dan Riau Berlanjut

Pengguna listrik di Sumatera Barat (Sumbar) dan Riau kembali harus menerima giliran pemadaman listrik karena menurunnya tegangan daya yang diterima dari interkoneksi Sumatera Bagian Selatan. Di sumbar, rata-rata pemadaman per hari berlangsung antara dua hingga tiga jam. Manajer Komunikasi PLN Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Wilayah Sumatera, Eddy M Isral, ketika dihubungi detikcom Rabu (26/7/2006) mengatakan, PLN sebenarnya tidak kekurangan pasokan daya karena sudah tersambung dengan interkoneksi Sumatera bagian Selatan.

Pemadaman bergilir terpaksa dilakukan karena terjadinya penurunan tegangan karena jauhnya jarak pengiriman. "Pengurangan tegangan mencapai 10 Kilo Volt (KV) sehingga 150 KV yang dikirim dari Sumatera Selatan hanya bisa diterima di Sumbar sekitar 140 KV.

Sebenarnya hal itu bisa diatasi bila pembangkit yang ada di Sumbar beroperasi maksimal," ujarnya. Dikatakan Eddy, saat ini sejumlah pembangkit listrik di Sumbar tidak bisa beroperasi secara maksimal karena sejumlah kendala. Selain menurunnya elevasi air di dua danau yang menggerakkan PLTA Maninjau dan PLTA Singkarak, rusaknya kumparan stator di pembangkit II PLTU Ombilin di Sawahlunto juga menyebabkan PLN terpaksa melakukan pemadaman untuk mengatasi kekurangan tersebut. Menurut dia, kekurangan tegangan itu menyebabkan Sumbar kekurangan daya 20 MW pada beban puncak dari total kebutuhan 300 MW.

Sedangkan Riau kekurangan 26 MW pada beban puncak dari 219 MW yang dibutuhkan. "PLTU Ombilin hanya mampu menghasilkan 100 megawatt (MW) dari total 200 MW yang bisa dihasilkan. Sementara, penurunan debit air di danau Singkarak dan Maninjau menyebabkan PLTA Singkarak hanya berproduksi sekitar 100 MW dari 175 MW kapasitas produksinya. Sedangkan PLTA Maninjau hanya bisa berproduksi 34 MW dari 68 MW total daya yang mampu dihasilkan," demikian Eddy. (asy/)

Yonda Sisko - detikNews

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook