Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemadaman Listrik Bergilir Mengancam Riau

Pemadam Listrik Bergilir Kembali Ancam Riau

Riau mengalami pemadaman listrik lebih kurang enam jam,  akibat kerusakan PLTU unit II Ombilin, Sumatera Barat (Sumbar). Itu artinya, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak bisa memenuhi janjinya, untuk tidak melakukan pemadaman bergilir pada bulan Ramadan ini.

"Kami terpaksa melakukan pemadaman kemarin, karena PLTU Ombilin, berkapasitas 80 Mw mengalami kerusakan. Setelah delapan jam, PLTU sudah dapat kembali beroperasi," kata Manager Teknik PLN wilayah Riau dan Kepulauan Riau Tagor Sidjabat, kepada pers, di Pekanbaru, Riau, Selasa (9/9).

Satu hal, sebagai antisipasi jika sistem kembali memburuk, menurut Tagor, PLN terpaksa menjadwalkan kembali pemadaman bergilir bagi wilayah Riau dan Sumbar. Pemadaman secara bergilir diperkirakan dilakukan tidak kurang dari 1,5 jam per hari.

"Kami tetap berupaya agar pemadaman bergilir tidak jadi, tetapi sekedar mengantisipasi kami sudah atur jadwal pemadaman jika nanti tiba-tiba sistem interkoneksi memburuk," katanya.

Menurut Tagor, pasokan listrik untuk Pekanbaru dan Dumai sudah terbantu dengan beroperasinya kembali PLTA Kota Panjang, Kabupaten Kampar, Riau. Ia menyebutkan, ketinggian waduk kota panjang terus meningkat hingga terakhir mencapai 80,6 Mdpl dengan kekuatan masing-masing tiga pembangkit sebesar 38 Mw dan menghasil total daya 114 Mw.

Wilayah ini juga tertolong, dengan adanya bantuan pasokan listrik dari Sumatra Selatan. Namun, kata Tagor, pihaknya tidak bisa menjamin pemadaman tidak dilakukan sepenuhnya di masa mendatang.

Beban rata-rata pada malam hari di Riau mencapai 230 Mw, dengan beban puncak 268,4 Mw. Dalam mengatasi krisis listrik, khususnya di Riau, menurut Tagor, November ini PLN berupaya mendatangkan pembangkit tambahan dari Medan, Sumatra Utara 16 Mw. (*/IOT-02).

(Pekanbaru).

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook