Alpen Steel | Renewable Energy

~ Krisis Air Di PLTA Wilayah Sumatera

PLTA Se-Sumatera Krisis Air

General Manager Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban atau P3B PT PLN Sumatera Kikid Sukantomo, Selasa (11/9), mengatakan, krisis air yang dialami pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terjadi di Sumatera Bagian Selatan alias Sumbagsel, tetapi juga seluruh PLTA di Sumatera.

Menurut Kikid, seluruh PLTA di Sumatera kemampuannya menurun sekitar 50 persen akibat kemarau, yang membuat jumlah air danau dan waduk berkurang. Faktor kerusakan hutan di sekitar daerah tangkapan air (catchment area) juga menyebabkan danau dan waduk sebagai pemasok kebutuhan air untuk PLTA kekurangan air.

“Kondisi seluruh PLTA di Sumatera rata-rata mengalami penurunan kapasitas 50 persen. Kerusakan lingkungan juga punya andil, misalnya di PLTA Kuto Panjang, setiap musim hujan banjir, tetapi saat musim kemarau kering. Daerah tangkapan air rusak karena penebangan,” kata Kikid.

Berdasarkan data dari PT PLN, PLTA di Sumatera tersebar di Lampung, Bengkulu, Riau, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara, tetapi di Sumatera Selatan tidak terdapat PLTA karena kondisi geografisnya datar. Pada saat kondisi air normal, PLTA di Lampung mampu menghasilkan 68 megawatt (MW), PLTA di Bengkulu menghasilkan 220 MW, PLTA di Riau menghasilkan 75 MW, PLTA di Sumatera Barat menghasilkan 191 MW, dan PLTA di Sumatera Utara menghasilkan 135 MW. Kini produksi semua PLTA tersebut turun 50 persen.

Kikid mengungkapkan, harga setiap kWh listrik yang dihasilkan PLTA sebenarnya sudah mengandung retribusi untuk menyelamatkan lingkungan di sekitar pembangkit. Besarnya retribusi bervariasi, dari Rp 5 per kWh sampai Rp 17 per kWh, yang dibayarkan kepada pemerintah daerah.

(ANS/WAD/kompas)

Ditulis oleh infokitoâ„¢
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook