Alpen Steel | Renewable Energy

Manado dan Sekitarnya "Gelap"

Krisis listrik kini melanda Sulawesi Utara. Di provinsi ini pemadaman listrik bergilir di sejumlah kabupaten dan kota sudah berlangsung sepekan dan diperkirakan berlanjut hingga September. Malam hari Minahasa Utara, Bitung, dan sebagian Manado bagian utara tampak "gelap".

Aktivitas warga seperti berhenti saat listrik padam. "Kami tidak bisa buat apa-apa pada saat mati lampu seperti ini," ujar Jopi Pusung, warga Manado Utara.

Di Bitung sejumlah pengusaha ikan mengeluhkan kondisi tersebut karena bahan baku es yang dipakai untuk mengawetkan ikan sulit diperoleh. Ikan hasil tangkapan dari laut pun terpaksa langsung dijual dengan harga murah karena keterbatasan bahan baku es balok tersebut.

Pemadaman listrik biasa berlangsung pukul 18.00 hingga 22.00, kemudian listrik padam lagi pada pagi hingga siang hari. Ini terjadi akibat sejumlah mesin pembangkit listrik rusak parah.

General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo Sigit Prakoso mengatakan, setiap hari wilayah koneksi listrik Manado yang meliputi Minahasa Selatan, Tomohon, Minahasa Utara, Bitung, Kotamobagu, dan Manado kekurangan 20 megawatt saat beban puncak.

Kondisi itu berkaitan dengan keringnya air Danau Tondano yang diandalkan menggerakkan turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tanggari I dan PLTA Tanggari II.

Minimnya curah hujan mengakibatkan air danau tersebut menyusut. "Hal itu diperparah dengan rusaknya sejumlah unit pembangkit listrik diesel di Bitung," kata Sigit menambahkan.

Menurut dia, sistem kelistrikan di Sulut kemungkinan normal September mendatang, seiring dengan selesainya pekerjaan pembangkit listrik Lahendong Unit 2 yang berkapasitas 20 megawatt. Pembangkit listrik Lahendong berasal dari panas bumi geotermal Tomohon.

(BRO/ZAL/ART/SAH/RUL) 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook