Alpen Steel | Renewable Energy

Pemadaman Rugikan Industri Cirebon

Pemadaman listrik oleh PT Perusahaan Listrik Negara secara bergilir di Cirebon berdampak pada industri rokok, salah satunya PT British American Tobacco Indonesia, yang terpaksa harus menyewa genset agar tetap bisa berproduksi. Penggunaan genset itu pun menambah biaya produksi yang seharusnya tidak diperlukan.

Direktur Corporate and Regulatory Affairs PT BAT Indonesia Lekir Daud mengatakan, Jumat (11/7), risiko yang harus ditanggung saat pemadaman bergilir adalah bertambahnya biaya produksi untuk sewa genset. Meski belum dihitung, kata Lekir, biaya itu membebani. Mengingat, perusahaan harus membeli bahan bakar minyak (solar) untuk genset dengan haarga industri.

Menurut dia, harga listrik dari PLN masih terbilang murah jika dibandingkan dengan listrik yang dihasilkan genset. "Volume produksi belum terpengaruh, namun cost produksi pasti ada. Oleh sebab itu, kami mencoba meminimalkan penurunan produksi dengan menggunakan genset. Risikonya, ongkos produksi naik," ujar Lekir.

Mengenai kesepakatan bersama lima menteri tentang pemindahan hari kerja menj adi Sabtu dan Minggu, Lekir menegaskan sangat sulit diimplementasikan. Sebab, belum ada aturan yang jelas dari pemerintah untuk menghitung upah kerja pada hari yang seharusnya digunakan pekerja untuk libur. Masalah kedua, belum tentu pekerja bersedia seti ap akhir pekan bekerja.

Di tempat terpisah, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Cirebon Oman Syahroman mengakui, pemadaman listrik bergilir selama 1,5 bulan terakhir telah menyebabkan efektivitas usaha terganggu. Sebab, produktivitas menjadi turun sedangkan biaya produksi membengkak, terutama p ada industri skala rumahan dan kecil. Kebanyakan, industri kecil di Cirebon tidak memiliki sumber energi alternatif, yaitu genset untuk mendukung usahanya, sehingga produksi terhenti dan produktivitas menurun.

Upaya pendekatan kepada PLN telah dilakukan Kadin dengan meminta pemadaman listrik tidak dilakukan di sentra atau kawasan industri kecil di Cirebon, seperti di Plered, Tegalgubug, Tegalwangi, Losari, dan Plumbon. Sayangnya, permintaan lisan itu ditanggapi dengan jawaban klasik, bahwa pemadaman bergilir harus tetap dilakukan.


THT
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook