Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemadaman Bergilir Dilakukan Di Papua

PLN Papua Berlakukan Pemadaman Listrik

Guna mengoptimalkan mesin diesel milik PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero cabang kota Jayapura yang digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik di kota Jayapura kembali ke kondisi normal, PT. PLN melakukan pemeliharaan mesin melalui pemadaman listrik secara bergilir yang dilakukan PLTD di wilayah kota Jayapura belakangan ini.
Alasan dilakukan pemeliharaan dengan cara pemadaman listrik bergilir di kota Jayapura, disebabkan PT. PLN saat ini tengah kehilangan daya pada PLTD pusat Waena sebesar 7,2 mega watt (MG) akibat ada beberapa mesin diesel PT. PLN yang mengalami gangguan, sehingga pemadaman secara bergilir di katakan sebagai upaya yang efektif untuk mengoptimalkan kembali mesin-mesin tersebut.
Hal ini diungkapkan oleh General Manager PT. PLN Cabang Jayapura Ir. Johanes Ari Dartomo, M, Eng, Sc saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Jumat (15/5) kemarin, “Pemadaman yang kita lakukan guna pemeliharaan mesin ini, tentunya sudah kita koordinasikan dengan pelanggan melalui pemberitahuan diberbagai media dan pengumuman lainnya,” kata Ari.
Dijelaskannya, beban PT. PLN saat ini rata-rata 37 sampai 38 MW, rata-rata beban puncak terjadi pada pukul 18:00 WIT sampai 22:00 WIT, dimana sebelum kerusakan terjadi daya yang ada di PLTD adalah 40 MW sedangkan kekuatan PLTD di system Jayapura yang meliputi wilayah kota Jayapura, Abepura dan Sentani adalah 40 Mega.
Kemudian untuk menghemat listrik, PLTD mulai mengurangi penggunakan listrik dengan cara pemadaman secara bergilir sebesar 34 setengah MW yang dibagi sebesar 4 MW untuk pelanggan rumah tangga, 1,5 MW untuk pelanggan khusus (Palanggan besar) seperti Bank dan perusahaan-perusahaan.
Dipastikan kondisi pemadaman bergilir tidak akan berlangsung lama, karena saat ini PT. PLN sedang melakukan perbaikan terhadap mesin-mesin diesel yang rusak yaitu mesin merles unit 10, mesin MAK unit 7 pada PLTD waena dan ditargetkan perbaikan mesin ini akan selesai sebelum Pilpres mendatang.
“Kita harapkan kondisi pemadaman ini tidak akan berlangsung lama, karena saat ini PLN sedang dalam proses perbaikan mesin-mesin yang rusak dan dipastikan perbaikan ini akan selesai sebelum Pilpres mendatang, sehingga kondisi daya listrik yang normal akan tercapai kembali,”ujarnya.

Sumber : www.papuapos.com,Jayapura
Ditulis oleh Lina/Papos

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook