Alpen Steel | Renewable Energy

~ Di Sulsel Pemadaman Listrik Kian Parah

KRISIS ENERGI Pemadaman Listrik Kian Parah

Janji PT PLN untuk membebaskan 1,8 juta pelanggan di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat dari pemadaman hanya isapan jempol. Jika sebelumnya pemadaman cuma sekali sehari, belakangan ini pemadaman malah kian parah, 2-3 kali sehari.

Pemantauan Kamis menunjukkan, pemadaman sempat terjadi 2-3 kali dengan waktu masing-masing hampir empat jam. Elly Roslina (35), warga Jalan Pengayoman Panakkukang, Makassar, mengungkapkan, pemadaman telah mengganggu kegiatan belajar putranya.

Sehari sebelumnya, sekitar 30 mahasiswa Universitas Muslim Indonesia Makassar memprotes pemadaman tanpa pemberitahuan tersebut di Kantor PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

Sebelumnya, General Manager PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat Arifuddin Nurdin di Makassar berjanji, beroperasinya PLTG Sengkang September 2008 dengan sendirinya mengatasi krisis listrik di wilayahnya.

Pengoperasian PLTG Sengkang ternyata molor ke November atau telat dua bulan dari jadwal. Humas PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat M Yamin Loleh menyatakan, krisis listrik itu baru akan teratasi jika PLTG Sengkang beroperasi November.

Masih terkait kelistrikan, hingga triwulan ketiga 2008, PT PLN Wilayah Kalbar merugi Rp 1,6 triliun. Kerugian terjadi karena PLN masih bergantung pada penggunaan bahan bakar solar untuk mesin pembangkit listrik.

”Kebutuhan bahan bakar minyak untuk mesin pembangkit listrik di Kalbar sekitar 600.000 kiloliter per tahun,” kata General Manager PT PLN Persero Wilayah Kalbar Haryanto WS.

Kompas, Makasar

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook