Alpen Steel | Renewable Energy

~ Belum Saatnya Pakai Nuklir

Kalau Terpaksa, Baru Pakai Nuklir

Tenaga Nuklir. Dok Ilustrasi. 

JAKARTA - Pemerintah menilai energi nuklir akan menjadi alternatif terakhir. Artinya, jika memang masih kekurangan energi maka nuklir tersebut terpaksa dipakai.

Hal ini disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik dalam acara Pembentukan DEN, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (11/1/2012).

"Ada alternatif, energi nuklir jadi alternatif terakhir, kalau sudah terpaksa baru pakai nuklir. Kalau nanti cucu kita sudah jago mengendalikan nuklir, ya why not?" ujar Jero Wacik.

Menurutnya, sejak kejadian meledaknya pembangkit nuklir yang ada di Jepang banyak yang tidak percaya dengan keberadaan nuklir sehingga terpecah menjadi dua kelompok masyarakat.

"Memang jadi salah satu sumber energi dunia. Sejak kasus Jepang, orang jadi ragu-ragu terhadap nuklir, tetapi sebagian masih berani. Di Indonesia dua kelompok, dua-duanya cinta rakyat, ada yang takut dan ada yang berani dan ini sedang dikaji DEN. DEN kan tokoh-tokoh yang ngerti energi," jelasnya.

Lalu, kata dia, ada energi yang diciptakan dengan mengolah bahan-bahan organik yang sering disebut biomassa.

"Selama ini banyak bahan mentahnya dibuang, sekarang ditemukan teknologi untuk mengolah sampah, cangkang, ampas tebu jadi sumber energi. Ini harta kita jangan dibuang-buang. Dulu kita tahu habis manis sepah dibuang sekarang udah tidak ada seperti itu, adanya habis manis sepah dipakai," tuturnya.

Dirinya menambahkan, saat ini akan dikaji dalam bentuk keputusan yang akan dilaporkan ke DPR untuk segera diresmikan menjadi Kebijakan Energi Nasional.

"Saya akan segera laporkan ke presiden. Minggu ketiga Januari akan ada sidang paripurna DEN yang dipimpin langsung oleh presiden. Setelah itu baru diajukan ke DPR dan diketok menjadi Kebijakan Energi Nasional," pungkasnya.

(okezone.com) 


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook