Alpen Steel | Renewable Energy

~ Anggaran 2 Miliar Per Desa Dialokasikan Untuk Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK)

Akhir 2011, 64 Desa Jadi Desa Informasi

Proyek desa informasi ini menghabiskan anggaran Rp2 miliar per desa.


Proyek desa informasi ini menghabiskan anggaran Rp2 miliar per desa di mana Rp1 miliar dialokasikan untuk membeli Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK). 

VIVAnews - Untuk mendukung proyek Palapa Ring, Kementerian Telekomunikasi dan Informatika membuat program desa informasi di desa-desa yang berada di perbatasan.

Desa informasi adalah desa yang terhubung dengan sambungan telepon masuk desa via satelit, radio komunitas, internet masuk desa, dan televisi satelit masuk desa.

Kemenkominfo menargetkan, akhir tahun ini 64 desa telah menjadi desa informasi yang dilengkapi oleh Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK). M-PLIK merupakan sebuah mobil keliling dan menjadi sarana bagi masyarakat desa agar mudah mendapatkan akses internet.

“Papua tahun ini mendapatkan enam M-Plik, diutamakan di kabupaten perbatasan seperti Kabupaten Keerom, Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Merauke,” kata Menkominfo Tifatul Sembiring, 24 Desember  2011.

Pemberian M-Plik ini, kata Tifatul, diharapkan dapat menghilangkan kesenjangan informasi masyarakat di perbatasan yang selama ini terjadi.

Sebagai informasi, proyek desa informasi ini menghabiskan anggaran Rp2 miliar per desa di mana Rp1 miliar dialokasikan untuk membeli M-Plik. Nantinya, M-Plik ini akan berpindah dari satu titik ke titik lain agar setiap lapisan masyarakat dapat menggunakan akses internet.

"Harapannya, ke depannya masyarakat Papua dapat mengakses informasi lebih mudah cepat dan murah," kata Tifatul.

Terkait keberhasilan program, pada 2012, Kemenkominfo akan menurunkan tim evaluasi apakah program ini berjalan baik atau tidak. Jika berjalan dengan baik, Tifatul berjanji akan menambah unit M-Plik di kabupaten tersebut.

"Penyimpangan mungkin ada, misalnya ada camat yang membawa mobil tersebut pulang ke rumah dan lain-lain,” kata Tifatul. “Untuk itu kita tingkatkan pengawasan," paparnya.

Yusuf Wally, Bupati Keerom mengatakan, program ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan kampung di Kabupaten Keerom yang strategis karena berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Ia berharap, selain M-Plik, pemerintah dapat mempercepat pembangunan-pembangunan Base Transceiver Station (BTS) operator seluler agar blank spot di Kabupaten Keerom dapat teratasi.

• VIVAnews
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook